Sukses

Perlukah Vitamin Tambahan untuk Anak?

Memenuhi kebutuhan vitamin anak merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap orangtua agar tumbuh kembang anak dapat optimal. Namun, perlukah vitamin tambahan untuk anak? Berikut info medisnya.

Setiap orangtua memiliki kewajiban untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anaknya.

Walaupun dengan cara yang berbeda-beda, tapi pada prinsipnya tujuan mereka adalah sama, yaitu memenuhi segala macam nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang anak sehingga pertumbuhannya bisa lebih optimal.

Harus diakui bahwa mengawasi proses tumbuh kembang anak bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi di era yang serba instan seperti sekarang ini.

Mengawasi tumbuh kembang anak tidak hanya mengandalkan teori yang ada, akan tetapi juga wajib memahami dan mengikuti setiap tahap dalam tumbuh kembang anak secara langsung dan terus-menerus.

Agar anak dapat memiliki tumbuh yang optimal, sudah seharusnya Anda sebagai orangtua mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan. Pasalnya, kekurangan gizi pada anak dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, mulai dari alergi gangguan perilaku, hingga penyakit lainnya yang bisa mengancam jiwa.

Vitamin dan mineral tidak bisa secara otomatis ada di dalam tubuh anak Anda. Vitamin dan mineral harus diperoleh dari makanan – misalnya sayuran dan buah-buahan, minuman – misalnya susu, serta suplemen vitamin yang dikonsumsi oleh anak Anda.

Vitamin dan mineral yang dibutuhkan seorang anak untuk mendapatkan tumbuh kembang yang optimal, antara lain:

  1. Kalsium.
  2. Asam lemak esensial atau EFA.
  3. Zat Besi
  4. Magnesium
  5. Kalium
  6. Vitamin A
  7. Vitamin C
  8. Vitamin D
  9. Vitamin E
  10. Seng (Zink)

Semua nutrisi di atas sangat dibutuhkan oleh anak guna mendapatkan tumbuh kembang yang optimal. Ada beberapa kondisi di mana nutrisi tersebut di atas tidak bisa terpenuhi, seperti pada anak yang tidak suka sayur, tidak suka makan buah, atau tidak mau ikan. Jika memang Anda merasa anak Anda kurang mendapatkan asupan vitamin, sebaiknya konsultasikan hal tersebut ke dokter untuk memilih jenis suplemen vitamin yang akan diberikan kepada anak untuk memenuhi kebutuhan vitamin anak yang kurang.

Dan yang perlu Anda ingat, vitamin memang memiliki segudang manfaat, tetapi jika diberikan secara berlebihan, vitamin juga akan memberikan efek yang buruk untuk anak Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar