Sukses

Hindari Minum Obat Sambil Tiduran

Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang pernah -- atau bahkan sering -- minum obat sambil tiduran. Tapi, segeralah hentikan kebiasaan ini jika tidak ingin terkena dampak buruknya.

Ketika orang sedang sakit, adalah sesuatu yang lazim bila ia mengonsumsi obat sembari berbaring. Hal tersebut bisa dipahami karena saat sakit tubuh terasa lemas dan posisi berbaring menjadi posisi yang paling membuat nyaman. Bahkan mungkin banyak juga dari kita yang kerap melakukannya.

Andai saja Anda tahu bahaya kesehatan di balik kebiasaan tersebut, mungkin Anda akan berpikir dua kali sebelum melakukannya.

Apa risiko di balik minum obat sambil tiduran?

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan iritasi pada esofagus (saluran yang menghubungkan mulut dan lambung) bila terlalu lama berkontak dengan dinding esofagus tersebut. Saat seseorang minum obat sambil berbaring, kecepatan obat untuk ditelan dan masuk ke lambung menjadi berkurang dibandingkan dengan berdiri atau duduk.

Akibatnya, saat berbaring, obat menjadi semakin lama berada di esofagus dan kontak terhadap dinging esofagus tersebut semakin lama terjadi. Iritasi dinding esofagus ini bila berulang-ulang dapat menyebabkan suatu kondisi yang dinamakan esofagitis (peradangan pada esofagus).

Peradangan pada esofagus akibat minum obat sembari berbaring tersebut lama-kelamaan dapat menyebabkan perlukaan yang lebih luas serta perdarahan. Akibatnya, saat makan dan menelan akan terasa nyeri di dalam leher.

Obat apa saja yang sebaiknya diminum sambil berdiri?

Beberapa obat osteoporosis, ibuprofen, antibiotic tetracyclin, zat besi, dan kalium adalah contoh obat-obatan yang dapat menyebabkan iritasi pada esofagus dan sebaiknya diminum sambil berdiri. Bahkan untuk obat-obat tertentu, dokter akan menyarankan Anda untuk menjaga posisi tetap berdiri, setidaknya 30 menit setelah mengonsumsi obat tersebut.

Bagaimana cara menghindari bahaya akibat minum obat sambil tiduran?

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya esofagitis karena kesalahan cara minum obat:

  • Jangan pernah minum obat sambil berbaring. Usahakan duduk atau berdiri saat menelan obat.
  • Jika memungkinkan, tetap jaga tubuh dalam posisi tegak setidaknya 30 menit setelah mengonsumsi obat.
  • Minum obat dengan air yang cukup agar obat dapat tertelan dan larut dengan sempurna.

 

0 Komentar

Belum ada komentar