Sukses

Kale, Sayur Favorit Selebriti Hollywood

Tahukah Anda bahwa kale disebut sebagai rahasia utama para selebriti Hollywood untuk tetap langsing, cantik dan sehat? Ketahui lebih dalam mengenai manfaat kale bersama dr. Fitri Juniarta berikut ini.

Pernahkah Anda mendengar atau mengetahui tentang kale? Kale adalah sejenis sayuran yang sudah banyak dikenal di kalangan artis Hollywood.

Sebut saja Jennifer Aniston, Khloe Kardashian, Heidi Klum, Anne Hathaway, dan Gwyneth Paltrow, para selebriti Hollywood penggemar kale.

Mengapa sayur ini sangat digemari oleh para selebriti Hollywood? Tentu karena segudang manfaat yang terkandung di dalamnya untuk menjaga agar tetap langsing, cantik, dan sehat.

Kale, disebut juga borecole, adalah sayuran dari keluarga Brassica, seperti halnya kubis, kailan, dan brokoli. Tanaman ini hidup di udara yang sejuk, dan karenanya Anda bisa menemukan tanaman kale ini di dataran tinggi di Indonesia, seperti Bandung, Bogor, atau dataran tinggi lain yang membudidayakan tanaman ini. Namun demikian, sekarang ini kale mulai banyak ditemui di pasaran, lho.

Lalu, apa saja manfaat tanaman yang menjadi salah satu dari jenis sayuran yang paling menyehatkan di dunia ini?

  1. Kale merupakan sayuran berdaun hijau yang sangat bernutrisi dan serba guna, rendah lemak, tanpa kolesterol, memiliki banyak manfaat kesehatan, dan kaya akan antioksidan.
  2. Seperti halnya anggota keluarga Brassica yang lain, kale mengandung sulforaphane dan indole-3-carbinol yang berguna untuk melawan kanker prostat dan usus besar.
  3. Di-indolyl-methane (DIM) - metabolit dari indole-3-carbinol – yang merupakan imunomodulator yang efektif, agen antibakteria dan antivirus, melalui aksinya untuk mengaktifkan reseptor “Interferon-Gamma”.
  4. Sumber yang kaya akan beta-carotene, lutein, dan zea-xanthin. Zat-zat ini adalah antioksidan dan antikanker yang kuat. Beta-carotene di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Sedangkan zea-xanthin di mata akan diabsorbsi ke dalam makula lutea mata – bagian kuning dari retina di mana fotoreseptor sel kerucut sangat padat – yang kemudian memberikan efek antioksidan dan fungsi perlindungan terhadap mata.
  5. Kale sangat kaya akan vitamin A. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit, serta esensial bagi penglihatan. Makanan yang mengandung banyak vitamin A juga diketahui dapat memberikan perlindungan dan perlawanan terhadap kanker paru dan kanker rongga mulut.
  6. Kale merupakan salah satu sayuran sumber vitamin K yang sangat baik. Vitamin K mempunyai peranan yang penting dalam kesehatan tulang. Pasalnya, vitamin K dapat membantu aktivitas pembentukan dan penguatan tulang. Selain itu, kadar vitamin K yang cukup dapat mencegah kerusakan saraf otak, sehingga berguna dalam pengobatan penyakit Alzheimer.
  7. Kale mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat untuk mencegah infeksi dan melindungi tubuh dari radikal bebas.
  8. Kale merupakan sumber berbagai vitamin B yang penting dalam metabolisme di dalam tubuh.
  9. Kale merupakan tanaman yang kaya akan mineral, seperti tembaga, kalsium, natrium, kalium, zat besi, mangan, dan fosfor. Kalium merupakan komponen penting bagi sel dan cairan tubuh dalam mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Zat besi sangat dibutuhkan untuk proses oksidasi sel dan pembentukan sel darah merah. 

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, kini Anda dapat mulai menambahkan kale dalam menu asupan sehari-hari agar Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya.

0 Komentar

Belum ada komentar