Sukses

Jenis Susu Apa yang Paling Tepat untuk Anda?

Apakah Anda enggan untuk mengonsumsi susu karena memiliki suatu keadaan khusus? Tidak usah khawatir, simak pembahasan mengenai jenis susu apa yang paling tepat untuk Anda bersama dr. Nadia Octavia berikut ini.

Saat ini beragam jenis susu dapat kita temui dengan mudah di pasaran, mulai dari susu kedelai hingga susu almond.

Kini, Anda yang tidak suka susu sapi, vegetarian, atau memiliki intoleransi laktosa dapat melakukan berbagai alternatif untuk tetap minum susu.

Pasalnya, kini susu hadir berbagai varian hidangan, mulai dari smoothies, pudding, hingga kue. Selain itu, susu juga memiliki jenis, dan bahan dasar yang berbeda.

Beberapa jenis susu yang banyak beredar di pasaran, antara lain:

1. Susu Sapi

Pada umumnya, 1 gelas (240 ml) susu sapi mengandung 103 kalori, 2,5 gram lemak, 107 mg sodium, 13 gram gula dan 8 gram protein.

  • Kelebihan susu sapi: Produk olahan susu sapi kaya akan kalsium, protein, vitamin D, vitamin A dan riboflavin.
  • Kekurangan susu sapi: Banyak orang yang mengalami intoleransi laktosa atau gangguan dalam mencerna laktosa, yaitu gula, yang terdapat pada susu sapi dan produk olahannya.

2. Susu Almond

Susu yang dibuat dari kacang almond ini memiliki kalori yang lebih rendah dari susu sapi. Pasalnya, pada 1 gelas susu almond (240 ml) terdapat sekitar 60 kalori, 2,5 gram lemak, 160 mg sodium, dan 1 gram protein. Selain itu, susu almond ini juga tidak memiliki kandungan kolesterol di dalamnya.

  • Kelebihan susu almond: Susu almond yang sudah difortifikasi merupakan sumber kalsium, vitamin D, dan vitamin E yang baik.
  • Kekurangan susu almond: Susu almond mengandung protein yang rendah, dan kadar gula yang tinggi.

3. Susu Kedelai

Segelas (240 ml) susu kacang kedelai terdiri dari 110 kalori, 95 mg sodium, 4,5 gram lemak, 380 mg potassium, dan 8 gram protein.

  • Kelebihan susu kedelai: Susu kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi, seperti susu sapi.
  • Kekurangan: Walaupun kandungan proteinnya tinggi, susu kedelai memiliki kandungan kalori yang lebih rendah. Selain itu, konsumsi kacang kedelai dan produk olahannya secara berlebihan tidak disarankan untuk penderita penyakit tiroid dan kanker payudara.

4. Rice milk

Dalam 1 gelas (240 ml) susu yang berasal dari beras atau rice milk ini mengandung 120 kalori, 2,5 gram lemak, 80 mg sodium, 23 gram karbohidrat dan 1 gram protein.

  • Kelebihan susu beras, atau rice milk: Aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang sensitif pada produk olahan susu, kedelai, atau kacang-kacangan.
  • Kekurangan susu beras, atau rice milk: Kadar proteinnya rendah dan kadar karbohidratnya tinggi.

5. Oat milk

Dalam 1 gelas (240 ml) oat milk atau susu oat ini mengandung 130 kalori, 2,5 gram lemak, 115 mg sodium, 24 gr karbohidrat, dan 4 gram protein.

  • Kelebihan susu oat, atau oat milk: Susu oat ini memiliki kandungan yang kaya akan protein.
  • Kekurangan susu oat, atau oat milk: Susu oat memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, yakni hampir 20 gram per sajian.

0 Komentar

Belum ada komentar