Sukses

Hal-Hal yang Perlu Diinformasikan pada Pengasuh Anak Anda

Berikan petunjuk yang spesifik pada pengasuh tentang pola makan anak Anda, agar tumbuh kembang anak tetap berjalan optimal.

Makanan merupakan sumber gizi yang diperlukan anak dalam masa pertumbuhannya. Orangtua perlu memperhatikan dan memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang agar dapat mendukung tumbuh kembang anak.

Dengan siapakah anak Anda di rumah?  Apabila Anda memercayakan pengasuh untuk merawat dan menemani anak, Anda wajib memberikan pengasuh petunjuk yang spesifik tentang cara memberi makanan, kapan harus diberikan makanan, di mana dan bagaimana cara memberi makanan.

Berikut ini hal-hal penting yang perlu dipesankan kepada pengasuh yang akan merawat anak Anda:

  • Bayi baru lahir dan bayi
  1. Jika Anda sedang menyusui dan sudah menyiapkan ASI untuk saat-saat ketika Anda harus berada jauh dari anak, tunjukkan kepada pengasuh cara yang benar dalam menghangatkan dan menyimpan botol.
  2. Untuk bayi baru lahir atau bayi yang mendapatkan susu formula, simpan dalam lemari es beberapa botol susu formula sebelum Anda pergi.
  3. Peragakan kepada pengasuh cara menghangatkan botol, yakni dengan cara meletakkan botol dengan tegak dalam wadah berisi air hangat, atau menempatkan botol di bawah air keran hangat yang mengalir dan teteskan sedikit ke pergelangan tangan untuk menguji bahwa suhu sudah hangat-hangat kuku. Ingatkan pengasuh untuk mencampur susu formula dengan hati-hati agar penyebaran panas dapat merata.
  4. Ingatkan pengasuh untuk tidak menghangatkan botol dalam microwave.
  • Balita dan anak yang lebih tua
  1. Jika makanan anak sudah siap dan hanya perlu dipanaskan, tinggalkan instruksi tertulis tentang cara memanaskan, suhu oven dan waktu. Tunjukkan pengasuh bagaimana cara menggunakan oven, microwave dan peralatan lainnya.
  2. Bila pengasuh yang memasak makanan, sediakan semua bahan dan peralatan disertai instruksi tertulis yang jelas.
  3. Beritahukan  pengasuh tentang camilan yang tepat dan batasi dengan jelas makanan yang dapat dikonsumsi anak.
  4. Jika Anda tidak ingin memberikan kue, permen dan makanan manis lainnya, sampaikan kepada pengasuh dan sediakan pilihan camilan lain.
  • Anak dengan kondisi khusus
  1. Jika anak Anda memiliki kondisi kronis yang membutuhkan diet khusus, seperti diabetes, gluten enteropati (penyakit celiac), dll, tuliskan langkah demi langkah prosedur untuk semua makanan dan camilan. Pastikan Anda meninggalkan daftar makanan tidak boleh dimakan oleh anak.
  2. Jika anak Anda memiliki diabetes, tinggalkan instruksi tertulis tentang mengenai makanan dan camilan yang dapat dimakan. Pastikan Anda melibatkan pengasuh untuk memahami daftar diet seimbang dan bergizi, serta total keseluruhan karbohidrat yang boleh dikonsumsi.
  3. Buatlah daftar makanan yang harus dihindari bila anak alergi makanan.
  4. Tuliskan daftar gejala yang mungkin berhubungan dengan makanan, seperti muntah, diare, mengi, ruam kemerahan, gatal-gatal, bengkak, dan kesulitan bernapas untuk membantu pengasuh siap bila timbul masalah dan dapat menemukan bantuan bila diperlukan.
  5. Tinggalkan daftar gejala tersebut di sebelah daftar nomor yang dapat dihubungi untuk panggilan dalam kasus darurat (dokter anak, rumah sakit, tetangga dekat).

Jika pengasuh yang akan merawat anak adalah pengasuh baru, maka atur waktu sebelum tanggal yang sebenarnya ia mulai bekerja untuk mengunjungi rumah Anda. Pengasuh dapat mengamati serta membantu memberi makan anak. Dengan cara ini, pengasuh akan terbiasa dengan rutinitas sebelum bekerja, dan anak juga akan dapat merasa nyaman dengan pengasuh.

0 Komentar

Belum ada komentar