Sukses

Perhatikan Hal Ini Sebelum Sunat

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bersunat. Agar tidak salah langkah, yuk cermati beberapa hal sebelum melakukan sunat.

Sunat atau yang dalam bahasa kedokterannya disebut sirkumsisi merupakan prosedur medis dalam membuang kulit penis yang menutupi glans penis.

Biasanya seseorang disunat karena berkaitan dengan alasan medis, tradisi, ataupun perintah agama. Indikasi medis yang diketahui adalah bahwa dengan bersunat dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih pada laki laki, serta mengurangi HIV di daerah yang banyak penderita HIV-nya (endemis).

Beberapa cara sunat yang saat ini banyak digunakan adalah:

  1. Menggunakan pisau atau gunting bedah.

Cara ini banyak digunakan oleh dokter. Dokter akan melakukan bius lokal atau bius umum dalam melakukan teknik operasi sunat ini. Setelah melakukan pemotongan terhadap kulit, dokter akan merapatkan kembali dengan jahitan, biasanya benang yang digunakan adalah benang yang dapat diserap sehingga tidak perlu dibuka kembali. Namun, saat ini juga banyak menggunakan perekat sebagai pengganti benang jahitan.

  1. Menggunakan elektrokauter ataupun laser.

Penggunaan laser sebenarnya hanya ada di rumah sakit atau di klinik besar. Jika di rumah sunat biasanya yang digunakan adalah elektrokauter, di mana sesungguhnya adalah pisau listrik. Perlu dicermati bahwa seseorang yang disunat dengan elektrokauter sering dipengaruhi oleh daya listrik yang tidak terlalu besar, sehingga menyebabkan penetrasi terhadap potongan yang tidak terlalu dalam, dan jika terlalu dalam dapat menimbulkan perdarahan.

  1. Menggunakan cincin atau klem.

Biasanya dengan penggunaan cincin atau klem hanya dibutuhkan waktu yang relatif singkat dan tidak diperlukan tindakan pemotongan atau penjahitan. Tetapi teknik ini perlu dilakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman, karena perlu diperhitungkan ukuran dari klem, serta kejelian dokter untuk melihat anatomi atau bentuk dari penis.

Hendaknya sunat dilakukan oleh dokter ataupun petugas medis yang kompeten, dengan menggunakan alat bedah minor yang lengkap, dikerjakan dengan steril dan dilengkapi dengan obat yang memadai.

Sunat dapat dikerjakan pada berbagai usia mulai dari anak kecil sampai dengan dewasa. Biasanya anak usia 3 bulan sudah dapat dilakukan sunat. Masa penyembuhan sunat juga terbilang singkat yakni 3-7 hari, tergantung pada setiap orang.

Pada kasus tertentu, orang dewasa atau anak-anak yang akan disunat perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu. Jika terdapat kondisi medis tertentu, mungkin sunat perlu dilakukan oleh dokter spesialis urologi.

Banyak manfaat yang didapat dari bersunat, sehingga ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika masih memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan sunat.

1 Komentar