Sukses

Keluar Darah Saat Buang Air Besar

Pernahkah Anda mengalami buang air besar yang mengeluarkan darah? Jika ya, yuk ketahui penyebabnya agar Anda bisa mendapat penanganan yang tepat.

Darah yang muncul saat buang air besar (BAB) memang bisa membuat khawatir.

Walaupun memang bisa dipicu oleh permasalahan yang serius, namun belum tentu selalu disebabkan oleh penyakit yang ganas. Darah yang muncul saat kita BAB disebabkan oleh adanya pendarahan pada suatu daerah di saluran cerna.

Terkadang pendarahan yang muncul dapat sangat kecil di mana hanya bisa terlihat dengan pemeriksaan mikroskop, namun pada beberapa waktu tertentu bisa sangat terlihat (misalnya muncul di celana dalam). Pada pendarahan saluran cerna bagian atas, darah yang muncul dapat terlihat lebih gelap.

Sebenarnya, apa saja yang bisa menyebabkan BAB kita berdarah?

  • Fissura Ani

Fissura ani merupakan suatu kondisi di mana terjadi robekan kecil pada jaringan di sekitar anus. Fissura dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti feses yang terlalu besar, feses yang keras, dan bisa terasa sangat nyeri.

  • Kolitis

Kolitis merupakan peradangan pada usus besar. Penyebabnya adalah infeksi atau penyakit radang usus.

  • Polip/Kanker

Polip merupakan suatu jenis pertumbuhan jaringan yang dapat mengakibatkan komplikasi kanker. Selain polip, kanker pada usus juga bisa menyebabkan BAB berdarah, dan pada umumnya BAB berdarah ini tidak akan terlihat secara kasatmata. Salah satu faktor risiko terjadinya kanker adalah kurangnya makan serat dan BAB yang tertahan lama di usus.

  • Ambeien

Ambeien merupakan suatu kondisi di mana terjadi peningkatan tekanan pembuluh darah vena di daerah anus, yang menyebabkan pelebaran dan peradangan pada pembuluh darah vena tersebut. Ambeien sering kali dipicu oleh terlalu lama duduk di toilet, sulitnya BAB, hingga beberapa penyakit lain.

Sering kali BAB berdarah disebabkan oleh kesulitan BAB. Untuk mencegahnya, beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah minum air putih secara cukup (satu-dua liter dalam sehari), olahraga yang cukup, mengonsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayur dan buah, serta pastikan Anda selalu BAB setiap hari. 

0 Komentar

Belum ada komentar