Sukses

Inilah Tanda-Tanda Bayi Ingin Menyusu

Bayi memang masih belum dapat berbicara, namun bisa memberikan tanda-tanda bahwa ia ingin menyusu. Nah, inilah tanda-tanda bayi ingin menyusu oleh dr. Fitri Juniarta.

Air susu ibu (ASI) merupakan sebuah kebuah kebutuhan yang sangat penting bagi bayi. Pasalnya, ASI menyediakan ratusan jenis nutrisi dan zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh seorang bayi.

Oleh karena itu, pemberian ASI yang tepat dan dalam jumlah yang cukup akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Cara pemberian ASI yang tepat adalah dengan membiarkan bayi menyusu kapan pun bayi menunjukkan tanda-tanda lapar.

Bayi yang baru lahir biasanya akan cepat lapar. Hal ini terjadi karena kapasitas lambung bayi sangat kecil, dan ASI mudah dicerna oleh organ pencernaan bayi.

Bayi mungkin akan minta untuk menyusu sebanyak 3 atau 4 kali setiap 1-1,5 jam, kemudian bayi akan tidur selama 4-5 jam. Namun, memantau tanda-tanda kecukupan ASI dan total frekuensi menyusu dalam 24 jam lebih baik daripada menghitung jarak/interval waktu antarsesi menyusui.

Secara umum, bayi baru lahir perlu menyusu sekitar 8-12 kali per hari. Tanda-tanda bayi ingin menyusu terjadi sekitar 30 menit sejak awal, hingga sang bayi memberikan tanda akhir ingin menyusu, yaitu dengan menangis. Bayi yang sudah menangis akan sulit fokus untuk menyusu sehingga bayi tidak dapat mengisap dengan baik. Karenanya, sang ibu perlu menenangkan sang bayi sebelum sang ibu dapat menyusui bayi tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para ibu untuk mengenali tanda-tanda bayi ingin menyusu sejak awal, sebelum bayi Anda menunjukkan tanda terakhir dengan menangis.

Berikut penjelasannya:

  • Tanda-tanda awal bayi lapar/ingin menyusu:

Bayi mulai bergerak-gerak, membuka mulut, dan menengok ke kiri dan kanan mencari payudara ibu (sumber makanananya). Bila ibu menyentuh kepala bayi, bayi akan menengok ke arah tersebut, mencari sesuatu untuk diisap.

  • Tanda-tanda lanjutan bayi lapar/ingin menyusu:

Bila tahap awal tersebut diabaikan, bayi akan menunjukkan tanda-tanda berikutnya, yakni badan meregang, pergerakan fisik makin nyata, dan memasukkan jari/tangan ke mulutnya atau mengambil barang lain di dekatnya untuk diisap.

  • Tanda-tanda akhir bayi lapar/ingin menyusu:

Tanda-tanda akhir bayi lapar adalah menangis dan gelisah hingga wajah berubah menjadi kemerahan. Bayi yang sudah marah dan menangis perlu ditenangkan terlebih dulu sebelum disusui. Cara menenangkan bayi pada kondisi ini adalah dengan memeluk, menimang, melakukan kontak kulit antara kulit bayi dengan kulit dada ibu, dan berbicara lembut kepada bayi.

Selain memperhatikan tanda-tanda bayi lapar, Anda juga harus memperhatikan tanda-tanda bayi Anda kenyang. Beberapa tanda-tanda bahwa bayi Anda sudah kenyang, antara lain:

  • Melemaskan badannya
  • Membuka kepalan tangannya dan kadang terkulai
  • Memperlihatkan wajah puas dan tenang
  • Melepaskan payudara
  • Mengantuk, hingga tertidur

Bila ibu merespon tanda-tanda bayi ingin menyusu ini dengan baik, ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi akan semakin meningkat. Selain itu, dengan menyusui bayi secara tepat dan teratur maka sang ibu dapat mencegah terjadinya masalah menyusui, seperti payudara bengkak dan tersumbat. 

0 Komentar

Belum ada komentar