Sukses

6 Cara Mengatasi Nyeri Saat Berhubungan Seksual

Nyeri saat berhubungan seksual merupakan suatu keluhan yang kerap terjadi pada sebagian pasangan suami istri. Berikut 6 cara mengatasi nyeri saat berhubungan seksual dari dr. Reza Fahlevi.

Nyeri saat berhubungan seksual merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi pada pasangan suami istri. Nyeri saat berhungan seksual bisa jadi merupakan masalah saluran reproduksi, seperti infeksi pada vagina, atau kista indung telur.

Selain itu, nyeri saat berhubungan seksual juga dapat terjadi karena masalah respon seksual, seperti kurangnya keinginan dan nafsu saat berhubungan seksual.

Jika hal ini tidak diatasi pastinya akan mengganggu kualitas hubungan suami istri sehari-hari.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan gejala nyeri saat berhubungan seksual, antara lain:

  1. Bicarakan masalah Anda kepada pasangan Anda

Ceritakan kepada pasangan Anda bahwa Anda mengalami nyeri saat berhubungan seksual. Setelah itu, mintalah saran kepada pasangan Anda terkait aktivitas yang harus dilakukan guna membuat Anda merasa lebih nyaman.

  1. Mengatur waktu untuk berhubungan seksual

Atur waktu saat Anda dan pasangan Anda tidak lelah, ataupun marah.

  1. Melakukan persiapan

Lakukan beberapa hal yang dapat mengurangi nyeri sebelum Anda melakukan hubungan seksual, seperti berkemih, mandi air hangat, atau minum obat penghilang nyeri.

  1. Menggunakan pelumas

Pelumas dengan sifat larut air merupakan pilihan yang tepat jika Anda mengalami rasa nyeri saat berhubungan seksual karena iritasi pada vagina pasangan Anda.

  1. Cobalah variasi seks yang tidak menyebabkan nyeri

Sebagai contoh, jika hubungan seksual yang Anda lakukan terasa nyeri, Anda dan pasangan Anda dapat mencoba seks oral atau masturbasi.

  1. Kompres dingin

Untuk menghilangkan nyeri setelah berhubungan seksual, gunakan es yang dilapisi dengan handuk kecil untuk di kompreskan pada bibir kemaluan.

Jika Anda mengalami nyeri yang sering atau nyeri hebat saat berhubungan seksual, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dapat mengetahui apakah ada masalah pada saluran reproduksi, ataukah tidak, sehingga timbul rasa nyeri saat berhubungan seksual.

Ketika Anda berkonsultasi terkait masalah nyeri saat berhubungan seksual kepada dokter, dokter biasanya akan mewawancarai gejala yang Anda alami, riwayat medis, riwayat hubungan seksual, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, trauma yang pernah terjadi saat berhbungan seksual, dan kondisi medis lainnya yang terkait.

Selanjutnya, dokter akan memeriksa keadaan fisik Anda untuk menentukan penyebab nyeri saat berhubungan seksual yang terjadi pada Anda. Pemeriksaan panggul dan ultrasonografi (USG) juga sering dilakukan untuk mengetahui penyebab nyeri saat berhubungan seksual. Setelah mengetahui penyebabnya, dokter biasanya akan memberikan terapi yang sesuai untuk membantu mengatasi nyeri saat berhubungan seksual yang terjadi pada Anda.

Semoga dengan melakukan hal-hal di atas, hubungan suami istri Anda bersama pasangan akan menjadi lebih nyaman dan berkualitas. 

0 Komentar

Belum ada komentar