Sukses

Obat Kumur dan Vitamin untuk Melawan Sariawan

Obat kumur dan vitamin diyakini mampu untuk melawan sariawan yang terjadi. Namun, obat kumur dan vitamin seperti apa yang dapat melawan sariawan dengan efektif? Berikut ulasannya.

Berbagai macam tips diberikan untuk mengatasi sariawan yang terjadi. Mulai dari menggunakan cara-cara tradisional hingga menggunakan obat-obatan yang terkadang bukan rekomendasi dari seoarang ahli kesehatan ataupun dokter.

Terkadang, seseorang akan merasa sangat terganggu dengan adanya sariawan. Apalagi jika terdapat lebih dari satu sariawan yang muncul, terutama pada mereka yang langganan untuk mengalami sariawan.

Sariawan ini akan sangat sakit dirasakan ketika makan, minum ataupun berbicara sehingga penderitanya jadi malas makan ataupun berbicara. 

Sariawan di bagi dalam tiga jenis, yaitu Minor, Major dan Herpetic. Jenis sariawan yang paling sering muncul, khususnya pada anak-anak maupun pada usia dewasa, adalah sariawan jenis minor.

Penyebab dari sariawan jenis minor yang sering dialami oleh banyak orang ini dihubungkan dengan berbagai kondisi, seperti stres, cedera dalam rongga mulut, alergi terhadap sesuatu – baik makanan atau alergi lainnya, kekurangan vitamin dan nutrisi, serta bisa juga karena adanya infeksi dari bakteri dan virus.

Banyaknya hal yang dapat menimbulkan sariawan menyebabkan sulitnya sariawan tersebut untuk disembuhkan. Walaupun telah banyak cara yang direkomendasikan, namun secara klinis cara-cara tersebut belum terbukti dan masih bersifat kontroversial.

Menurut salah satu penelitian, kombinasi dari konsumsi vitamin B kompleks dan penggunaan obat kumur dengan kandungan chlorexidine gluconate 0,2% mampu membantu dalam mempercepat masa timbulnya sariawan sehingga sariawan yang terjadi akan cepat hilang. Menurut salah seorang ahli, konsumsi vitamin B1, B2 dan B6 akan mengurangi risiko terjadinya sariawan ulang pada pasien yang kekurangan vitamin tersebut.

Obat kumur dengan kandungan chlorexidine gluconate 0,2 % memang belum mudah untuk ditemukan, dan hanya dapat ditemukan di apotek-apotek tertentu. Namun, Obat kumur jenis ini telah terbukti melalui penelitian dapat mengurangi risiko, durasi, dan keparahan dari sariawan minor yang terjadi.

Namun demikian, bila Anda sering mengalami sariawan dan timbul lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan, sariawan dengan ukuran yang besar, dan sariawan terjadi lebih dari dua minggu, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi ataupun dokter gigi spesialis penyakit mulut untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

0 Komentar

Belum ada komentar