Sukses

Pakai Kacamata Tidak Bisa Melahirkan Normal?

Sebagian orang percaya bahwa memakai kacamata berarti tidak bisa melahirkan normal. Yuk, kita telusuri kebenarannya di sini.

Kepercayaan bahwa ibu hamil yang memakai kacamata tidak bisa melahirkan normal sudah beredar sejak dahulu. Disebutkan bahwa saat mereka melahirkan normal, bahaya yang mengancam adalah terjadinya kebutaan akibat retina mata yang terlepas.

Keyakinan ini menyebabkan setiap wanita hamil yang menggunakan kacamata berpikir untuk memperoleh cara persalinan lain.

Pertanyaannya, apakah hal tersebut adalah fakta dan dapat dijadikan acuan bagi para ibu hamil?

Asal Usul Mitos Ini

Bagaimana awal mula munculnya pernyataan ini? Pada zaman dahulu, terdapat beberapa studi kesehatan yang menghubungkan antara kebutaan dan proses lahir normal. Hal ini dikaitkan dengan proses mengejan dalam persalinan normal, yang dipercaya dapat meningkatkan tekanan dalam perut, dada, hingga mata. Tekanan yang meningkat dalam mata inilah yang disebut-sebut dapat berujung pada terlepasnya retina – suatu bagian mata yang tipis, lunak, dan halus.

Mengingat para penderita myopia tinggi atau minus tinggi memiliki kemungkinan yang lebih besar mengalami ‘kerusakan awal’ yang mendahului terjadinya retina lepas, maka muncul kekhawatiran bahwa wanita hamil yang memakai kacamata tidak bisa melahirkan normal.

Ternyata pada perkembangannya, beberapa studi terbaru justru menyatakan ketidaksetujuan terhadap teori lama ini.

Penelitian Soal Efek Melahirkan Normal

Beberapa studi menunjukkan bahwa tidak terdapat efek buruk melahirkan normal terhadap retina mata. Tidak terbukti bahwa mengejan dapat meningkatkan tekanan dalam mata. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Graefe’s Archive for Clinical and Experimental Ophthalmology, ditemukan bahwa dari 10 wanita yang dipelajari (yang sebelumnya terdiagnosis mengalami degenerasi lattice hingga memiliki riwayat retina lepas), semuanya tidak mengalami perubahan kesehatan retina dari sebelum hingga sesudah melahirkan.

Beberapa studi lain juga memberikan hasil yang hampir serupa.

Hal yang bisa direkomendasikan adalah apabila Anda memiliki minus yang tinggi (terutama memiliki riwayat terdiagnosis degenerasi lattice atau retina lepas) dan merencanakan untuk melahirkan normal, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi ke dokter spesialis mata terlebih dahulu untuk memeriksakan kondisi mata. Hasil pemeriksaan akan menentukan, apakah Anda benar-benar memiliki risiko, maupun perlu atau tidaknya penanganan pencegahan.

0 Komentar

Belum ada komentar