Sukses

Sixth Sense Menurut Pandangan Medis

Sixth sense adalah sebuah fenomena saat seseorang dapat mengetahui kejadian yang akan ia rasakan. Sebenarnya, bagaimana sixth sense menurut pandangan medis? Berikut ulasannya.

Tahukah Anda bahwa ada bagian dari otak kita yang ternyata bisa mendeteksi bahaya dan memberikan peringatan awal untuk membantu seseorang terhindar dari bahaya?

Hal tersebut dikemukakan di dalam sebuah studi yang menjelaskan tentang hubungan antara sixth sense dan otak kita. Di dalam studi tersebut dijelaskan bahwa ada sebuah bagian di otak yang dinamakan Anterior Cingulated Cortex (ACC).

Anterior Cingulated Cortex (ACC) adalah bagian otak yang berfungsi untuk mengamati segala perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar kita dan mengolah informasi tersebut untuk disesuaikan dengan sikap dan tindakan kita selanjutnya.

Anterior Cingulated Cortex (ACC) ini terletak di otak bagian depan. Fungsi dari Anterior Cingulated Cortex (ACC) akan terlihat meningkat ketika seseorang harus membuat keputusan yang sulit, atau ketika seseorang melakukan sebuah kesalahan.

Studi terbaru terkait hal ini menunjukkan bahwa bagian Anterior Cingulated Cortex (ACC) ini bisa mengenali dan mengetahui ketika seseorang akan melakukan kesalahan, jauh sebelum orang tersebut membuat keputusan.

Dengan kata lain, Anterior Cingulated Cortex (ACC) ini berfungsi sebagai sistem peringatan awal yang akan memperingatkan kita terlebih dahulu bahwa tindakan kita akan menyebabkan konsekuensi yang buruk sehingga kita dapat lebih berhati-hati dan terhindar dari kesalahan.

Akhir-akhir ini, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengamati bagian Anterior Cingulated Cortex (ACC) ini. Penelitian tersebut mengemukakan bahwa bagian dari otak ini banyak berperan dalam pertimbangan otak ketika memproses tugas yang kompleks dan menantang. Hebatnya lagi, Anterior Cingulated Cortex (ACC) ini dapat mengenali sesuatu di lingkungan sekitar kita tanpa disadari oleh kita sendiri.

Mekanisme ini bisa terjadi karena ada berbagai situasi yang terjadi di kehidupan sehari-hari yang membutuhkan otak untuk mengamati segala perubahan yang terjadi di lingkungan sehingga hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebiasaan kita. Otak memperingatkan tubuh untuk melakukan sesuatu karena bagian Anterior Cingulated Cortex (ACC) telah mengenali perubahan di lingkungan tanpa kita sadari.

Kelainan yang terjadi di bagian Anterior Cingulated Cortex (ACC) ini ternyata juga berkaitan dengan penyakit-penyakit kejiwaan yang terjadi, seperti skizofrenia dan obsessive-compulsive disorder (OCD). Kerusakan di bagian Anterior Cingulated Cortex (ACC) dapat merusak sistem peringatan awal sehingga otak gagal untuk mengontrol kebiasaan/tindakan yang aneh.

Salah satu fungsi Anterior Cingulated Cortex (ACC) di dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai sistem pengingat awal, dan hal ini mungkin bisa menjelaskan fungsi otak terkait fenomena sixth sense yang mungkin pernah Anda rasakan sendiri. 

0 Komentar

Belum ada komentar