Sukses

Ingin Kulit Sehat? Jangan Lupakan Pelembap

Pemberian pelembap sering kali dilupakan orang, padahal dengan pelembap kulit akan menjadi lebih sehat dan segar.

Kulit merupakan organ terluas di dalam tubuh yang terdiri atas berbagai komponen, seperti air, protein, lemak, mineral dan kandungan kimia lainnya. Pada orang dengan berat badan sekitar 70 kilogram akan memiliki berat kulit sekitar 5 kilogram dan luas sekitar 2 m2.

Dengan luas yang demikian itu, kulit memiliki fungsi yang krusial untuk memelihara kesehatan, di antaranya:

  • Perlindungan fisik terhadap gaya mekanik, sinar ultraviolet, dan bahan kimia.
  • Pengaturan suhu tubuh.
  • Organ untuk pengindra (merasakan).
  • Pembentukan vitamin D.

Lapisan terluar kulit yang bernama stratum korneum senantiasa melakukan regenerasi. Faktanya, setiap 28 hari kulit kita senantiasa melakukan regenerasi. Ketika proses regenerasi ini berjalan, bagian terluar kulit akan mengelupas. Memang umumnya kita tidak menyadari proses ini berlangsung.

Dalam kondisi tertentu, regenerasi kulit tidak terjadi sebagaimana mestinya. Misalnya pada kondisi kulit seperti dermatitis atopi (kelainan kulit yang dilatar belakangi alergi), psoriasis (regenerasi kulit terjadi lebih cepat daripada 28 hari), iktiosis (kulit kering parah karena faktor bawaan), dan  dermatitis kontak (kelainan kulit akibat adanya kontak terhadap bahan yang membuat iritasi seperti detergen).

Penggunaan pelembap pada kondisi tersebut mutlak harus diberikan bukan lagi sebagai tindakan pencegahan, namun sudah merupakan tindakan pengobatan.

Pentingnya Pelembap bagi Kulit

Kulit senantiasa berkontak dengan dunia luar, sehingga dapat menyebabkan kondisinya menjadi kering atau semakin kering. Beberapa kebiasaan juga dapat membuat kulit semakin kering, seperti mandi dengan air hangat, berendam, menggosok kulit berulang ketika mandi, dan menggunakan sabun antiseptik.

Untuk mengatasi ataupun mencegah kulit kering, pelembap hadir untuk membuat kulit senantiasa halus dan lembut. Dalam keadaan normal, pemakaian pelembap dianjurkan untuk menjaga kulit agar senantiasa sehat. Kulit yang kering, kasar, dan akhirnya pecah-pecah akan menyebabkan lebih mudah terkena iritasi dan infeksi.

Oleh sebab itu, pencegahan supaya kulit menjadi tidak kering harus selalu dilakukan, yaitu dengan mengoleskan pelembap secara rutin.

Penggunaan pelembap yang mengandung tabir surya (atau triple sunscreens) dianjurkan untuk mencegah timbulnya flek kecokelatan pada kulit. Selain itu, pelembap yang mengandung vitamin B3 juga dapat membuat kulit lebih halus, lembut, dan sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar