Sukses

Pentingnya Mematikan Lampu Ketika Tidur

Mematikan lampu ketika tidur merupakan hal yang tampaknya biasa saja. Namun, tahukah Anda bahwa mematikan lampu ketika tidur ternyata memiliki efek tersendiri bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin kita sehari-hari. Pasalnya, manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam untuk mengistirahatkan kerja tubuh, memperbaiki sel tubuh yang rusak, menetralisir racun dalam tubuh, dan mengembalikan energi tubuh.

Sebagian besar manusia tidur pada malam hari. Kurangnya tidur dapat kita merasa lelah, dan sulit berkosentrasi sehingga membuat aktivitas menjadi terganggu pada pagi dan siang hari.

Selain itu, kurang tidur juga dapat menggangu kesehatan emosional sehingga kita lebih rentan mengalami stres, moody, dan sulit untuk mengambil keputusan.

Sebagian orang lebih nyaman tidur pada malam hari dengan lampu terang, sementara sebagian lainnya lebih nyaman tidur dengan lampu gelap. Anda mungkin berpikir bahwa kedua kebiasaan tersebut hanyalah masalah pilihan saja. Namun sebenarnya, jika dikaji dari sisi kesehatan ternyata cahaya lampu saat tidur malam hari memiliki pengaruh tersendiri bagi kesehatan.

Apa pengaruh mematikan lampu saat tidur?

Beberapa penelitian yang meneliti tingkat kenyenyakan orang yang tidur dengan cahaya lampu dan orang yang tidur tanpa cahaya lampu.

Hasil dari penelitian tersebut secara signifikan menunjukkan bahwa orang yang tidur dengan cahaya lampu lebih sering terbangun ketika tidur. Selain itu, orang yang tidur dengan cahaya lampu memiliki kualitas tidur yang kurang jika dibandingkan dengan orang yang tidur tanpa cahaya lampu. Hal ini menunjukkan bahwa mematikan lampu saat tidur dapat membuat tidur semakin nyenyak dan berkualitas.

Secara tidak disadari, saat seseorang tertidur terjadi pengeluaran beberapa hormon yang berperan penting bagi tubuh. Selain hormon pertumbuhan, salah satu hormon yang banyak dikeluarkan saat tidur adalah hormon melatonin. Pengeluaran hormon melatonin ini sangat dipengaruhi oleh cahaya. Cahaya terang dapat menghambat pengeluaran hormon melatonin. Padahal, hormon melatonin ini sangat bermanfaat bagi tubuh jika dapat dikeluarkan secara normal.

Fungsi utama hormon melatonin ini adalah membuat tidur lebih nyenyak sehingga seseorang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, dan mencegah terjadinya insomnia. Di samping itu, hormon melatonin juga memiliki efek antioksidan dan antiperadangan bagi tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa hormon melatonin ini mampu mencegah penyakit jantung, kanker payudara pada wanita, dan kanker prostat pada pria. Selain itu, hormon ini juga memiliki pengaruh terhadap kesuburan dan siklus menstruasi wanita.

Kelebihan dan kekurangan hormon melatonin ini dapat menyebabkan terjadinya beberapa gangguan di tubuh. Salah satu faktor yang dapat terganggunya proses pelepasan hormon melatonin ini adalah cahaya, seperti cahaya lampu.

Dari penjelasan di atas, maka mulai saat ini tidurlah dengan kondisi lampu dimatikan. Karena, selain dapat menghemat listrik dan menghemat konsumsi energi bumi, mematikan lampu pada malam hari, khususnya ketika akan tidur, terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu pengeluaran hormon melatonin tubuh secara normal.  

0 Komentar

Belum ada komentar