Sukses

Antioksidan, Amunisi untuk Melawan Penyakit Kronis

Antioksidan merupakan senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Karenanya, sangat penting bagi Anda untuk tetap mengonsumsi asupan yang mengandung antioksidan di dalamnya. Berikut info medis dr. Kartika Mayasari.

Zat antioksidan sering kali kita dengar sebagai sebuah zat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, zat antioksidan ini sering disebutkan sebagai zat yang bermanfaat untuk mencegah segala macam penyakit yang mengintai tubuh setiap orang.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, banyak juga yang menyebutkan bahwa zat antioksidan ini bermanfaat untuk merawat kulit sehingga kulit dapat tampak lebih muda, karena zat ini dikenal mempunyai efek mencegah penuaan dini.

Karena manfaat yang sedemikian dahsyatnya, maka banyak makanan dan minuman yang menambahkan kandungan antioksidan di dalamnya guna menambah manfaat dari makanan/minuman tersebut.

Antioksidan, apa itu?

Antioksidan terdiri dari 2 kata yaitu “Anti” dan “Oksidan”. “Anti” artinya adalah melawan atau bertentangan. Sedangkan “Oksidan” umumnya mempunyai makna radikal bebas. Jadi, antioksidan bisa diartikan sebagai senyawa yang digunakan untuk melawan radikal bebas. Setelah mengetahui apa itu antioksidan, mungkin hal tersebut dapat membantu kita untuk mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh dari antioksidan untuk kesehatan tubuh.

Antioksidan, bagaimana cara kerjanya?

Dalam tubuh manusia terjadi jutaan proses yang berlangsung setiap saat. Semua proses-proses alami tersebut membutuhkan oksigen, dan di saat yang sama oksigen ini dapat menghasilkan zat buruk yang disebut zat oksidan yang menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan beberapa penyakit kronis. Zat radikal bebas atau zat oksidan ini juga dapat berasal dari sumber lain, misalnya sinar matahari, asap rokok, minuman beralkohol, serta lingkungan berpolusi.

Radikal bebas yang dihasilkan oleh banyak faktor ini kemudian akan menyerang sel-sel sehat yang berada di dalam tubuh. Rantai panjang peristiwa ini akan melemahkan fungsi imun, mempercepat proses penuaan, dan mengakibatkan beberapa penyakit kronis – seperti kanker, penyakit jantung dan beberapa kondisi kronis lainnya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa antioksidan adalah zat yang digunakan untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul-molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Antioksidan tersusun dari beberapa vitamin – seperti vitamin C dan E, dan mineral – seperti selenium, dan flavonoid. Sumber terbaik antioksidan adalah buah-buahan dan sayuran, serta teh. Selain itu, Anda juga dapat menemukan antioksidan ini dari suplemen yang mengandung antioksidan.

Antioksidan, dapatkah dikonsumsi setiap hari?

Antioksidan dapat Anda konsumsi setiap hari, namun tetap perhatikan jumlahnya. Karena, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan, dapat berdampak kurang baik bagi tubuh.

Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi antioksidan setiap hari, Anda dapat menambahkan sayuran, buah-buahan, dan teh dalam menu makanan sehari-hari Anda. Pasalnya, sayuran, buah-buahan, dan teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan sangat baik bila dikonsumsi secara teratur. 

0 Komentar

Belum ada komentar