Sukses

Aktivitas Fisik untuk Bantu Atasi Nyeri Sendi

Aktivitas fisik untuk bantu atasi nyeri sendi merupakan kegiatan yang baik untuk dilakukan. Apa saja aktivitas fisik untuk bantu atasi nyeri sendi yang mudah untuk dilakukan? Berikut ulasannya.

Aktivitas fisik untuk atasi nyeri sendi merupakan hal yang penting bagi Anda yang menderita arthritis atau radang sendi. Aktivitas fisik untuk atasi nyeri sendi dapat dianalogikan dengan latihan fisik atau olahraga.

Beberapa manfaat melakukan aktivitas fisik untuk kesehatan Anda, yakni:

  • Memperkuat otot-otot sekitar sendi Anda
  • Membantu Anda mempertahankan kekuatan tulang
  • Memberikan lebih banyak energi untuk membantu aktivitas Anda
  • Membantu mengendalikan berat badan
  • Meningkatkan kualitas hidup Anda
  • Meningkatkan keseimbangan Anda

Namun, jika Anda sudah menderita beberapa keluhan nyeri pada sendi, misalnya nyeri pada punggung, pinggul, lutut atau bahu, jangan mulai melakukan aktivitas fisik ini tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Berikut beberapa alternatif aktivitas fisik bagi Anda yang memiliki nyeri sendi:

  1. Range of motion exercise

Aktivitas fisik jenis ini dapat membantu mengurangi kekakuan dan meningkatkan kemampuan Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Aktivitas fisik jenis ini, misalnya mengangkat tangan diatas kepala, menggulirkan bahu ke depan dan ke belakang. Sangat mudah, praktis dan dapat dilakukan setiap hari untuk membantu mengurangi risiko nyeri sendi.

  1. Strengthening exercise

Aktivitas fisik jenis ini membantu Anda membangun otot yang kuat untuk membantu mendukung dan melindungi sendi Anda. Contoh aktivitas fisik jenis ini adalah latihan beban atau angkat beban. Dan yang perlu Anda ingat, janganlah menggunakan beban yang terlalu berat untuk menghindari risiko terjadinya nyeri sendi, sediakan periode istirahat di antara periode latihan, serta tambahkan hari istirahat tersebut saat sendi Anda terasa nyeri dan membengkak.

  1. Aerobic exercise

Aktivitas aerobik dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol berat badan, serta menambah stamina dan energi pada tubuh Anda. Latihan aerobik dan bersifat low-impact yang dapat Anda lakukan adalah berjalan, bersepeda santai, berenang. Usahakan untuk melakukan aktivitas ini selama 150 menit yang terbagi dalam beberapa hari dalam seminggu.

  1. Kegiatan aktivitas fisik lainnya

Kegiatan aktivitas fisik lainnya yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi risiko nyeri sendi, misalnya pilates, yoga, tai-chi. Aktivitas fisik tersebut membantu Anda meningkatkan keseimbangan tubuh, mencegah risiko mudah jatuh, membantu postur tubuh dan koordinasi tubuh, serta merelaksasi otot Anda.

Namun perlu Anda ingat, jika Anda memiliki masalah persendian yang cukup parah, hindarilah aktivitas fisik yang bersifat memberikan tekanan yang berlebihan pada sendi Anda, seperti lari maraton, basket, olahraga melompat, shifting, tenis, dan golf.

0 Komentar

Belum ada komentar