Sukses

Anak Duduk dengan Posisi W, Berbahayakah?

Apakah Anda pernah melihat anak Anda duduk dengan posisi W? Beberapa studi mengatakan bahwa posisi W tidak baik untuk anak. Benarkah demikian?

Posisi W adalah posisi yang umum digunakan oleh banyak anak dalam duduk. Pada posisi ini, anak duduk pada bokong mereka, dengan kedua kaki tertekuk ke arah luar, membentuk sebuah bentuk huruf W jika dilihat dari atas.

Beberapa ahli mempercayai bahwa duduk dengan posisi W berbahaya bagi kesehatan tulang anak. Benarkah demikian?

Mengapa anak suka duduk dengan posisi W?

Jika Anda berkunjung ke pusat bermain anak, maka Anda akan menjumpai banyak anak duduk dengan posisi W. Biasanya anak dengan umur 4 sampai 6 tahun akan duduk dalam posisi ini. Mengapa anak menyukai duduk dengan posisi W? Hal ini disebabkan, posisi tulang anak membuat posisi duduk seperti itu lebih nyaman untuk dilakukan. Selain itu, anak mendapatkan posisi yang stabil dan mantap dengan posisi W, sehingga dirinya dapat berkonsentrasi dalam bermain.

Apa bahayanya duduk dengan posisi W?

Terdapat pendapat yang berbeda terkait posisi duduk W pada anak. Beberapa ahli mengatakan bahwa posisi duduk ini masih dalam batas kewajaran pada usia anak. Anak dapat mengenali posisi yang nyaman untuk dirinya dan menghindari posisi yang membuat dirinya nyeri.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa posisi duduk W tidak melatih kekuatan tulang belakang dan abdomen. Posisi duduk ini juga diduga meningkatkan risiko cedera otot dan dislokasi panggul. Pasien dengan gangguan perkembangan otot, seperti hipertonik dan spastisitas, juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan perkembangan motorik.

Terlepas dari baik atau tidaknya posisi duduk W, Anda patut waspada jika anak Anda mengalami gangguan berjalan, bicara tidak seimbang, atau berjalan pincang. Ajari juga cara duduk dengan variasi yang lain. Apabila Anda melihat adanya kecenderungan bahwa anak Anda sulit untuk duduk atau terdapat gangguan berjalan, cobalah hubungi dokter anak atau terapis.

0 Komentar

Belum ada komentar