Sukses

Pisang Kuning Vs Pisang Hijau, Mana yang Lebih Bermanfaat?

Pisang adalah buah yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, manakah yang lebih bermanfaat, apakah pisang kuning ataukah pisang hijau? Berikut ulasannya.

Pisang adalah buah dengan sederet manfaat. Kandungan nutrisi yang tinggi dan rasanya yang enak membuat pisang menjadi buah favorit bagi beberapa orang.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mengonsumsi pisang, misalnya kapan waktu yang tepat untuk makan pisang, dan apakah pisang yang sudah menghitam tidak boleh dimakan dan harus dibuang atau sebaliknya. Lalu, manakah pisang yang lebih bermanfaat, apakah pisang yang sudah menguning ataukah pisang yang masih berwarna hijau?

Keuntungan makan buah pisang yang sudah kuning

Warna kekuningan dan beberapa bintik hitam pada kulit pisang menandakan bahwa pisang tersebut sudah matang. Pisang yang matang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti air, gula, protein, lemak, vitamin dan mineral. Selain itu, pisang yang matang biasanya memiliki rasa yang enak karena memiliki rasa yang manis.

Seiring dengan semakin matangnya buah pisang, bintik hitam akan semakin bermunculan pada kulit pisang. Apakah bintik hitam pada pisang berarti pisang tersebut sudah busuk dan tidak bisa dimakan? Tentu saja tidak, bintik hitam pada pisang menunjukkan tingkat kematangan pisang tersebut.

Walaupun bukti ilmiah masih belum banyak ditemukan, namun dipercaya bahwa semakin banyak bintik hitam pada pisang, maka  kemampuan antikanker pada pisang tersebut akan semakin besar.

Kandungan pisang yang memiliki efek antikanker adalah Tumor Necrosis Factor- alpha. Selain itu, kandungan gula pada pisang matang lebih mudah dicerna dibandingkan dengan kandungan gula pada pisang yang belum matang.

Keuntungan makan buah pisang yang masih hijau

Walaupun umumnya pisang yang dikonsumsi masyarakat adalah pisang yang sudah matang (berwarna kuning), namun ternyata pisang yang masih hijau juga memiliki keuntungannya sendiri.

Keuntungan mengonsumsi pisang yang masih hijau berada di kandungan zat pati pada pisang hijau tersebut. Selain itu, mengonsumsi pisang hijau juga memiliki jumlah peningkatan gula darah yang tidak sebanyak pisang matang.

Kandungan zat pati pada pisang hijau baik bagi kesehatan Anda. Zat pati akan diserap dan dicerna dalam tubuh, kemudian akan difermentasikan oleh bakteri usus besar dan mampu menjadi sumber energi.

Keuntungan dari zat pati pada pisang hijau adalah bahwa zat pati, tidak seperti kebanyakan karbohidrat lain, tidak dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang signifikan. Hal ini menyebabkan pisang hijau baik untuk dikonsumsi untuk penderita diabetes, yang harus menjaga kadar gula darahnya tetap terkontrol.

Jadi, mana yang lebih Anda pilih? Pisang yang sudah kuning ataukah pisang yang masih berwarna hijau?

0 Komentar

Belum ada komentar