Sukses

Pisang Kuning Vs Pisang Hijau, Mana yang Lebih Bermanfaat?

Mana yang Anda pilih di antara pisang kuninga dan pisang hijau? Keduanya berbeda dari sisi kandungan. Kita ulas mana yang lebih bermanfaat di sini.

Pisang sudah jelas menjadi buah dengan sederet manfaat! Kandungan nutrisi yang tinggi dan rasanya yang enak membuat pisang banyak disukai.

Di Indonesia, jenis yang cukup banyak dikonsumsi misalnya pisang kuning dan pisang hijau. Pemilihan ini dapat bergantung pada menu makanan yang akan menggunakan pisang, kondisi kesehatan seseorang, dan lain sebagainya.

Namun, manakah yang lebih bermanfaat, pisang hijau atau pisang kuning? Temukan jawabannya di bawah ini, yuk.

Artikel lainnya: Makan Pisang Bisa Membantu untuk Mengatasi Flu, Benarkah? 

Perbedaan Kandungan dan Nutrisinya

Terdapat perbedaan kandungan pisang kuning dan pisang hijau, antara lain:

  • Kandungan Zat Pati

Dibandingkan pisang kuning, kandungan zat pati pisang hijau lebih tinggi. Zat pati pada pisang hijau baik bagi kesehatan Anda. 

Zat pati akan diserap dan dicerna di dalam tubuh. Kemudian, zat pati akan difermentasikan oleh bakteri usus besar dan mampu menjadi sumber energi.

  • Kandungan Gula

Kandungan gula pada pisang hijau lebih rendah dibandingkan pisang kuning. Pisang hijau mengandung zat pati lebih banyak. Keuntungan konsumsi zat pati pada pisang hijau adalah tidak dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang berlebihan. 

Hal itu menyebabkan pisang hijau baik untuk dikonsumsi penderita diabetes, yang dituntut harus menjaga kadar gula darahnya tetap terkontrol.

  • Kandungan Antioksidan

Pisang kaya akan antioksidan. Untuk mendapatkan manfaat antioksidan dari pisang, pilihlah pisang yang matang atau pisang kuning. 

Kadar antioksidan di dalam pisang kuning lebih tinggi dibandingkan pisang hijau. Antioksidan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan bantu mencegah penyakit.

Artikel lainnya: Belasan Manfaat dalam Buah Pisang

Jadi, Mana yang Lebih Bermanfaat?

Kandungan pisang hijau dan pisang kuning sama baiknya, pilihlah sesuai kebutuhan Anda. 

Jika kebutuhan Anda adalah buah dengan gula yang rendah, maka pisang hijau adalah pilihan yang lebih baik. Namun, bila ingin memilih rasa yang lebih manis, tentu pisang kuning menjadi pilihan tepat!

Apa pun kebutuhan Anda, sebaiknya konsultasikan kebutuhan nutrisi kepada dokter, khususnya jika punya riwayat gangguan metabolisme gula darah seperti diabetes.

Jangan lupa, tidak ada satu buah ajaib yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan gizi. Anda tetap memerlukan asupan buah lain dan makanan dengan kandungan gizi tinggi lainnya untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi setiap hari.

Kalau mau tanya lebih lanjut seputar pilihan buah yang tepat untuk Anda, konsultasi dengan dokter via Live Chat yang lebih cepat. Download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui tips pola makan sehat yang mudah dicoba!

(FR/JKT)

1 Komentar