Sukses

Nikmati Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan

Lele merupakan salah satu sajian yang paling banyak digemari, apalagi menu pecel lele. Ditambah dengan sambal dan lalapan, lele telah menarik lidah kita semua. Di balik itu, manfaatnya juga sangat besar untuk kesehatan.

Lele adalah jenis ikan yang tak asing lagi di telinga para pencinta ikan. Dengan rasanya yang gurih dan harganya yang terjangkau, lele dengan mudahnya menjadi makanan favorit semua kalangan, mulai dari dewasa hingga anak-anak.

Kandungan nutrisi yang ada pada lele juga sangat melimpah, salah satunya asam lemak omega-3. Konsumsi omega-3 (dan omega-6) diduga erat kaitannya dengan penurunan tekanan darah dan risiko penyakit kanker tertentu, serta berguna untuk mengurangi kondisi peradangan seperti artritis reumatoid.

American Heart Association bahkan merekomendasikan kita untuk makan ikan setidaknya 2 porsi atau 3,5 ons setiap minggu.

Untuk kesehatan, pilihlah lele yang dibudidayakan tanpa terkontaminasi oleh merkuri. Bagi wanita hamil, Anda harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, apakah lele yang akan dikonsumsi aman atau tidak.

Berikut ini beberapa kandungan gizi yang bisa Anda dapatkan di dalam lele:

Lemak

Lele merupakan makanan yang kaya asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama dengan menurunkan trigliserida dan melawan peradangan, serta membantu menurunkan risiko kanker dan artritis.

Protein

Lele tidak mengandung karbohidrat tapi padat dengan protein. Sekitar 53 persen dari total kandungan kalori dari 3 ons lele yang dimasak -- sekitar 63 kalori -- merupakan protein. Jumlah ini memenuhi 28 persen dari kebutuhan protein harian untuk pria, dan 34 persen dari kebutuhan protein wanita per hari.

Vitamin B

Lele merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik. Setiap 3 ons lele mengandung 2,3 mikrogram vitamin B12, atau hampir 100 persen dari 2,4 mikrogram kebutuhan vitamin B pada pria dan wanita dewasa.

Lalu, bagaimana cara yang baik untuk mengolah lele agar kolesterol Anda tetap terjaga? Sajikanlah lele dengan cara dipanggang atau dibakar. Atau jika Anda tetap mau menggoreng, gunakan minyak yang terbuat dari kedelai atau minyak bunga matahari.

0 Komentar

Belum ada komentar