Sukses

Telusuri Manfaat Cincau untuk Kesehatan

Segelas es cincau di siang hari bolong memang nikmat dan menyegarkan. Tak heran baik di restoran sederhana, kaki lima sampai hotel mewah, minuman ini bisa menjadi primadona. Lalu, apa sebenarnya manfaat kesehatan dari cincau?

Cincau merupakan sejenis agar-agar yang biasa dimakan sebagai makanan pencuci mulut ataupun hanya sekadar pelepas dahaga.

Cincau biasanya dipotong kotak-kotak lalu dicampurkan ke dalam minuman dan ditambahkan es batu ke dalamnya. Bisa juga ditambahkan buah-buahan untuk menambah kesegarannya.

Ada dua macam cincau yang biasanya dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan. Yang pertama adalah cincau hijau, sedangkan yang kedua adalah cincau hitam.

Cincau di Berbagai Negara

Secara tradisional, cincau telah banyak digunakan di seluruh dunia sebagai obat.

Di Laos dan Vietnam, cincau berfungsi untuk menghilangkan gastritis dan gangguan perut lainnya seperti sembelit, perut kembung, dan diare. Semenanjung Malaysia menggunakannya sebagai obat demam. Di Papua Nugini, selain menurunkan panas, cincau memiliki peran sebagai obat batuk dan sakit kepala. Di Jawa, cincau dipercaya dapat mendinginkan rahim sehingga diyakini mampu mempercepat terjadinya kehamilan.

Cincau juga sering digunakan untuk merangsang selera makan. Masyarakat India mengakui cincau untuk pengobatan artritis reumatoid, nyeri perut atau mulas, dan perut kembung karena masuk angin.

Kandungan Nutrisi pada Cincau

Cincau pada dasarnya mengandung kalori yang sangat rendah. Tapi kalori akan bertambah jika Anda mengonsumsi cincau dengan santan atau gula jawa. Oleh karena itu, cincau akan membuat perut kenyang sepanjang hari tanpa menambahkan kalori pada tubuh Anda. Cincau juga mengandung kalsium dan fosfor.

Kandungan premnazol dan fenilbutazon yang berlimpah pada cincau hitam bersifat antiradang dan dapat menekan pertumbuhan sel tumor. Selain itu, senyawa ini dapat menurunkan aktivitas enzim yang akan membatasi produksi asam lambung. Dengan mekanisme seperti itu, cincau sering digunakan untuk meredakan sakit perut.

Nah, dengan segudang manfaat pada cincau, maka jangan ragu untuk menambahkan cincau baik cincau hitam maupun cincau hijau pada minuman Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar