Sukses

Pentingnya Mengetahui Kebutuhan Kalsium Anak

Banyak anak yang mengalami kondisi jumlah kalsium yang tidak cukup di tubuhnya. Karenanya, kebutuhan kalsium anak merupakan hal yang sangat penting untuk tetap dipantau. Berikut paparan dr. Melyarna Putri.

Kalsium merupakan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Namun kenyataannya, banyak anak yang tidak mendapatkan kalsium dalam jumlah yang cukup. Sebenarnya, seberapa pentingkah kebutuhan kalsium di dalam tubuh sehingga kebutuhannya harus dipenuhi?

Selama masa pertumbuhan anak, tubuh akan menggunakan mineral kalsium untuk membangun tulang tubuh yang kuat. Proses pembentukan tulang ini akan terus terjadi dan baru akan berhenti pada akhir usia belasan tahun.

Selain itu, kalsium juga memiliki peranan yang sangat penting untuk membuat otot dan saraf bekerja dengan lebih optimal. Selain untuk pembentukan tulang dan memiliki peran dalam kerja otot dan saraf, kalsium juga memiliki peranan yang penting dalam pembentukan hormon dan enzim.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium di dalam tubuh diperlukan asupan nutrisi yang memadai. Tubuh memiliki sistem yang sempurna untuk mengimbangi segala ketidakseimbangan yang terjadi. Sebagai contoh, apabila di dalam darah ditemukan  mineral atau vitamin tertentu yang jumlahnya tidak mencukupi, maka tubuh akan mengambil dari cadangan di tempat lain.

Demikian pula dengan kalsium. Apabila kalsium di dalam darah berkurang, maka tubuh akan mengambil kalsium dari cadangan kalsium yang ada di tempat lain, misalnya di tulang.

Anak  yang tidak memiliki sejumlah kalsium yang cukup di dalam tubuhnya akan memiliki risiko mengalami kelainan tulang, yang dalam dunia medis disebut dengan ricketsia. Ricketsia merupakan kelainan di mana terjadi pelunakan massa tulang.

Pertumbuhan tulang anak yang optimal harus ditunjang dengan kalsium yang memadai. Untuk pertumbuhan tulang yang maksimal, kebutuhan kalsium anak usia 2-5 tahun menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah 500 mg per hari.

Namun, dari mana kalsium dapat diperoleh? Bukan hal asing lagi apabila sumber kalsium banyak ditemukan di dalam susu. Memang, sumber kalsium banyak didapatkan dari produk susu dan turunannya, seperti yoghurt dan keju. Di samping kedua nutrien tersebut, kalsium juga dapat ditemukan dari sumber lainnya.

Untuk lebih jelas mengenai jumlah kalsium yang terkandung dalam masing-masing nutrien, Anda dapat melihat tabel berikut:

200 mililiter susu

252 miligram kalsium

43 gram keju cheddar

300 miligram kalsium

117 mililiter yoghurt

225 miligram kalsium

113 gram es krim

120 miligram kalsium

28 gram kacang almond

110 miligram kalsium

118 mililiter kacang merah

40 miligram kalsium

118 mililiter brokoli

35 miligram kalsium

118 gram kacang putih

110 miligram kalsium

Untuk penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk usia 2-5 tahun yang membutuhkan 500 miligram kalsium per hari, maka untuk anak yang meminum susu butuh mengonsumsi setidaknya 380 mililiter susu per hari.

0 Komentar

Belum ada komentar