Sukses

Seberapa Banyak Anak Harus Minum Susu dalam Sehari?

Susu merupakan sumber nutrisi yang dapat membantu proses tumbuh kembang Si Kecil. Lalu, seberapa sering anak harus minum susu dalam sehari? Berikut info medis dari dr. Melyarna Putri.

Susu sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu zat yang memiliki kandungan gizi tinggi. Banyak slogan mengenai susu yang mengatakan bahwa untuk pertumbuhan yang maksimal maka harus meminum beberapa gelas susu dalam sehari.

Apakah hal tersebut benar menurut pandangan medis? Lalu sebenarnya, apakah manfaat susu?

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Fakta bahwa susu memiliki kandungan gizi yang tinggi adalah benar. Susu memang memiliki kandungan nutrisi yang baik karena mengandung protein dan kalsium. Selain itu, susu seringkali difortifikasi atau ditambahkan dengan nutrien lain, seperti vitamin D.

Vitamin D merupakan suatu zat yang dibentuk melalui proses kimiawi di kulit apabila kulit terpapar oleh sinar matahari. Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang sulit didapatkan dari makanan, padahal vitamin D sangat penting untuk membantu pertumbuhan tulang.

Hanya beberapa jenis makanan saja yang terkandung vitamin D di dalamnya. Makanan yang mengandung vitamin D tersebut, misalnya minyak ikan, kuning telur, dan hati sapi. Kebutuhan vitamin D untuk anak dirangkum dalam tabel berikut ini.

Usia

Jumlah

0-12 bulan

400 IU (10mcg)

1-13 tahun

600 IU (15 mcg)

14-18 tahun

600 IU (15 mcg)

Hampir 99% cadangan kalsium disimpan di dalam tulang dan gigi. Kalsium diperlukan selama proses remodeling tulang berlangsung. Proses remodeling merupakan proses perombakan tulang dan peletakkan kalsium ke dalam tulang baru.

Proses tersebut sebenarnya terjadi secara terus-menerus, namun keseimbangannya berubah pada usia tertentu. Pada usia anak-anak dan remaja misalnya, proses peletakkan kalsium untuk pembentukan tulang baru tersebut lebih dominan terjadi. Namun sebaliknya, ketika usia sudah tua, proses perombakan tulang lebih banyak terjadi.

Selama proses ini berlangsung, persediaan jumlah kalsium yang memadai sangatlah penting. Angka kebutuhan kalsium per hari untuk anak usia 2-5 tahun menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah 500 mg.

Selain kalsium, susu juga mengandung protein dan kalori yang tinggi. Protein dan kalori ini diperlukan selama masa pertumbuhan anak. Susu sangat menolong untuk membantu perbaikan nutrisi pada anak kurus atau susah makan. Sebab, apabila dibandingkan dengan sumber makanan berkalori tinggi lainnya, susu merupakan salah satu yang paling mudah untuk dikonsumsi.  

Sebenarnya, berapa banyak anak harus minum susu dalam sehari?

Satu gelas susu sebanyak 100 mililiter mengandung vitamin D sekitar 40 IU, 126 miligram kalsium, dan 80 kalori. Apabila dinilai dari kebutuhan kalori anak, misalnya untuk anak berusia 2 tahun yang kebutuhan kalorinya sekitar 1200 kkal, dengan makan besar 3 kali sebesar yang masing-masing 300 kkal dan satu kali camilan yang mengandung kalori sebesar 100 kkal, maka susu yang bisa diberikan adalah sekitar 180 mililiter.

Sebagai kesimpulan, kebutuhan jumlah susu yang harus dikonsumsi tergantung pada jumlah asupan nutrisi lainnya. Pasalnya, untuk menunjang pertumbuhan yang optimal, keseimbangan nutrisi sangatlah diperlukan.

0 Komentar

Belum ada komentar