Sukses

Orang Gemuk Cenderung Alami Insomnia?

Sebuah studi menyatakan bahwa orang gemuk cenderung akan mengalami insomnia. Untuk mengetahui kebenarannya, simak penjelasan lengkapnya di sini.

Rahasia hidup sehat biasanya berpangkal pada tiga hal, yakni konsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, dan rajin berolahraga. Ketiga hal tersebut sangat berkaitan satu sama lain.

Sebuah studi menunjukkan bahwa penurunan berat badan disertai diet sehat dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga membuat orang semakin energik dan bersemangat dalam menjalani kegiatan harian.  

Sementara penelitian lain menyatakan bahwa orang yang gemuk atau mereka yang pola makannya kurang baik cenderung akan mengalami insomnia. Benarkah demikian?

Gemuk = Rentan Insomnia?

Kesulitan tidur berhubungan dengan menurunnya fungsi kognitif otak dan berbagai macam masalah kesehatan, seperti depresi, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Sebuah riset yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa fluktuasi berat badan juga dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Pada orang yang gemuk, biasanya akan terjadi penumpukan lemak di bagian leher sehingga menyebabkan saluran napas atas menjadi sempit. Hal tersebut akan menyebabkan kondisi mengorok ketika tidur. Saat mengorok, oksigen yang masuk ketika tidur akan terbatas karena jalan napas yang sempit akibat tertekan oleh lemak tubuh.

Lantas, apa yang terjadi? Secara otomatis aliran oksigen ke dalam otak juga akan terganggu. Oleh karena itu, orang yang mempunyai kebiasaan mengorok yang parah, biasanya akan cenderung mengantuk dan lemas ketika menjalani aktivitas di siang hari.

Namun hingga kini, belum jelas hubungan antara kegemukan, pola makan yang tidak sehat, dan ketidaknormalan pola tidur.

Yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal-hal di atas adalah dengan menurunkan berat badan dan mencapai timbangan ideal. Hal tersebut akan membantu memperbaiki kualitas tidur, dan dengan sendirinya akan membuat kegiatan sehari-hari menjadi lebih produktif. Selain itu, perubahan pola makan yang lebih sehat dapat membuat orang lebih bersemangat saat beraktivitas. Dalam kata lain, pola makan sehat dapat meningkatkan konsentrasi serta memperbaiki kualitas tidur.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk menjalani pola hidup sehat?

 

0 Komentar

Belum ada komentar