Diet dan Nutrisi

Jumlah Kalori yang Harus Dibakar Agar Cepat Langsing

dr. Valda Garcia, 27 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Setiap kali Anda berdiet, pasti Anda bertanya mengenai kalori yang ada pada makanan tersebut. Sebenarnya, apa itu kalori dan bagaimana cara menghitung kalori yang benar?

Jumlah Kalori yang Harus Dibakar Agar Cepat Langsing

Kalori adalah energi yang terkandung di dalam makanan. Tubuh menggunakan kalori dari makanan agar tetap bisa berfungsi normal. 

Dasawarsa terakhir, mengurangi kalori dari asupan makanan harian dijadikan pedoman dalam menurunkan berat badan. Beberapa metode diet bahkan menyarankan pengurangan kalori yang terlalu ekstrem melalui pembatasan porsi makan secara gila-gilaan. 

Tahukah kamu bahwa cara ini justru tidak baik bagi kesehatan? Menurunkan kalori secara ekstrem sangat tidak disarankan karena mengganggu kinerja sistem tubuh.

Meski begitu, pembatasan kalori untuk turunkan berat badan tetap bisa dilakukan dengan menghitung sendiri kebutuhan kalori harian dan mengetahui seberapa banyak yang harus dikurangi per harinya.

Lalu, berapa kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg?

Berapa Kalori yang Harus Dibakar untuk Menurunkan 1 kg?

Membakar Kalori

Manajemen berat badan tergantung dengan kalori yang kamu makan dan kalori yang kamu bakar. Mengonsumsi kalori melebihi kebutuhan harian, ditambah minimnya pembakaran kalori karena kurangnya aktivitas fisik dan olahraga menyebabkan kalori dalam tubuh tertimbun dalam bentuk lemak.

Bila ingin menurunkan berat badan, kurangi kalori yang kamu makan dan bakar kalori yang telah tertimbun dalam bentuk lemak melalui aktivitas fisik dan olahraga. 

Kebutuhan kalori sendiri bergantung dengan usia, jenis kelamin, dan aktivitas tubuhmu. Umumnya, wanita berusia 19-30 tahun dengan aktivitas ringan membutuhkan 2000 kalori. Pria berusia 19-30 tahun dengan aktivitas ringan membutuhkan 2200 kalori.

Karena 1 kilogram sama dengan sekitar 7.700 kalori, maka kamu perlu membakar 7.700 kalori untuk mengurangi berat badan sebanyak 1 kilogram.

Apabila kamu mengurangi asupan sebanyak 300 kalori per hari, maka penurunan berat badan sebanyak 1 kg bisa kamu peroleh selama lebih kurang 25 hari. 

Artikel lainnya: Hindari! Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Gagal Diet

Perhatikan Ini untuk Mencapai Pembakaran Kalori yang Ideal

Diet Defisit Kalori, Cara Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan akan lebih cepat bila pengurangan kalori lebih besar. Pengurangan kalori tentunya harus dalam batas aman dan dikombinasikan dengan olahraga. 

Menurut penelitian yang dimuat jurnal Progress in Cardiovascular Diseases, penurunan berat badan bisa terjadi dengan rutin melakukan aerobik. Idealnya, pembakaran kalori per hari dapat diperoleh melalui aerobik berintensitas tinggi.

Kamu juga bisa menurunkan kalori dengan melakukan sejumlah aktivitas di bawah ini:

  • Tidak mengonsumsi makanan tinggi kalori dan bernutrisi rendah
  • Mengganti makanan tinggi kalori dengan pilihan lain yang kalorinya rendah
  • Mengurangi porsi makan
  • Nilai kalori terendah yang dapat kamu konsumsi per harinya adalah sebanyak 1000-1100 kkal. Sangat tidak direkomendasikan menurunkan jumlah kalori melewati batas tersebut

Artikel lainnya: Dampak Negatif Kelebihan Karbohidrat bagi Tubuh

Perhitungan di atas hanyalah perkiraan semata. Sesungguhnya masih banyak faktor yang memengaruhi proses penurunan berat badan. Namun, mencermati jumlah kalori yang yang masuk dan dibakar tetap bisa diandalkan dalam upaya menurunkan berat badan.

Setelah tahu berapa kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg, #JagaSehatmu dengan bertanya kepada ahli gizi mengenai makanan rendah kalori dan bernutrisi tinggi. Kamu juga bisa pakai layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Cepat dan mudah, kan.

(ADT/JKT)

Kalori

Konsultasi Dokter Terkait