Sukses

Jumlah Kalori yang Harus Dibakar Agar Cepat Langsing

Setiap kali Anda berdiet, pasti Anda bertanya mengenai kalori yang ada pada makanan tersebut. Sebenarnya, apa itu kalori dan bagaimana cara menghitung kalori yang benar?

Baner Fitbar

Mengurangi kalori dari asupan makanan sehari-hari telah menjadi pedoman upaya penurunan berat badan yang tenar saat ini. Beberapa metode diet bahkan menyarankan pengurangan kalori yang terlalu ekstrem, yakni lewat pembatasan porsi makan secara gila-gilaan.

Tahukah Anda bahwa cara ini justru tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda? Sebenarnya, Anda dapat menyusun sendiri metode diet yang paling cocok dengan diri Anda, dengan menghitung sendiri kebutuhan kalori dan mengetahui seberapa banyak yang harus dikurangi per harinya.

Apa yang dimaksud dengan kalori?

Kalori merupakan energi yang terkandung dalam makanan. Tubuh manusia memiliki kebutuhan konstan akan energi yang harus dipenuhi, baik untuk melakukan aktivitas maupun untuk dapat menjalankan sistem organ dalam tubuh. Kalori dari makanan digunakan untuk memungkinkan tubuh tetap berfungsi sebagaimana normalnya. Oleh sebab itu, menurunkan kalori secara ekstrem sangat tidak disarankan karena mengganggu kinerja sistem tubuh.

Kalori berperan utama dalam upaya menurunkan berat badan, karena prinsipnya sederhana:  Manajemen berat badan tergantung atas kalori yang Anda makan dan kalori yang Anda bakar. Terlalu banyak mengonsumsi kalori dari yang Anda butuhkan sehari-hari, dibarengi pembakaran kalori yang minimal akibat kekurangan aktivitas fisik dan olahraga, berujung pada penimbunan kalori dalam bentuk lemak pada tubuh.

Maka, berat badan Anda sesungguhnya adalah suatu bentuk keseimbangan. Bila ingin menurunkan berat badan, kurangi kalori yang Anda makan dan bakar kalori yang telah tertimbun dalam bentuk lemak melalui aktivitas fisik dan olahraga.

Bingung harus memulai dari mana?

Mulailah dengan menghitung kebutuhan kalori Anda setiap harinya. Anda dapat menggunakan fitur kami yaitu Kalkulator Kalori. Kebutuhan kalori bergantung atas usia, jenis kelamin, serta tingkat keaktifan kegiatan Anda. Umumnya, wanita berusia 19-30 tahun dengan aktivitas ringan membutuhkan 2000 kalori. Pria berusia 19-30 tahun dengan aktivitas ringan membutuhkan 2200 kalori.

Karena 1 kilogram sama dengan sekitar 7.700 kalori, maka Anda perlu membakar 7700 kalori untuk mengurangi berat badan sebanyak 1 kilogram.

Secara umum, jika Anda mengurangi sebanyak 300 kalori per hari, Anda akan menurunkan berat badan selama lebih kurang 25 hari. Penurunan berat badan akan lebih cepat bila pengurangan kalori lebih besar (tentunya harus dalam batas aman) dan dikombinasikan dengan olahraga. Berikut adalah beberapa trik untuk menurunkan kalori:

  • Tidak mengonsumsi makanan yang tinggi kalori namun bernutrisi rendah.
  • Mengganti makanan yang tinggi kalori dengan pilihan lain yang kalorinya rendah.
  • Mengurangi porsi makanan.

Nilai kalori terendah yang dapat Anda konsumsi per harinya adalah sebanyak 1000-1100 kcal, dan sangat tidak direkomendasikan menurunkan jumlah kalori hingga melewati batas tersebut.

Perhitungan di atas bersifat perkiraan, karena sesungguhnya masih banyak faktor yang terlibat dalam penurunan berat badan. Namun, jumlah kalori tetaplah satu elemen yang berperan dan dapat diandalkan sebagai titik permulaan upaya Anda.

1 Komentar