Sukses

4 Tips Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal harus tetap dilakukan, walaupun berat badan ideal Anda sudah tercapai. Apa saja tips yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal? Berikut info dari dr. Nadia Octavia.

Baner Fitbar

Menjaga berat badan ideal harus tetap dilakukan. Ketika program penuruan berat badan yang Anda lakukan sudah sukses, Anda harus tetap menjaga berat badan ideal Anda sehingga angka timbangan ideal Anda akan tetap terjaga dan baju idaman dapat tetap Anda kenakan dengan baik.

Selain itu, dengan menjaga berat badan ideal, indeks massa tubuh Anda pun akan tetap pada angka yang normal.

Nah, untuk dapat tetap menjaga berat badan ideal Anda, Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Tetapkan prinsip, tujuan dan motivasi Anda

Lihat lagi ke belakang, tinjau ulang tujuan Anda menurunkan berat badan. Apakah Anda menurunkan berat badan untuk menyenangkan hati pasangan? Atau hanya sekedar ingin kembali mengenakan baju idaman yang sudah tidak muat lagi dipakai?

Mungkin saja tujuan-tujuan tersebut hanyalah tujuan jangka pendek saja. Sebaiknya, agar berat badan ideal Anda tetap terjaga, Anda harus menetapkan prinsip dan tujuan jangka panjang Anda Anda. Karenanya, apabila Anda menerapkan hal tersebut, Anda pun juga akan ikut termotivasi untuk tetap menjaga berat badan ideal Anda.

Tidak perlu dengan tujuan yang terlampau tinggi, Anda dapat memotivasi diri Anda untuk tetap memiliki berat badan ideal dengan tujuan agar Anda tidak mudah sakit sehingga Anda dapat melihat anak cucu Anda tumbuh hingga dewasa kelak.

2. Berolahraga

Walaupun berat badan Anda kini sudah ideal, berolahraga rutin tetap merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, untuk dapat menjaga berat badan ideal Anda, salah satu caranya adalah dengan berolahraga.

Usahakan untuk aktif bergerak dan berolahraga setiap hari selama minimal 30 menit. Lakukan olahraga ringan yang Anda senangi sehingga Anda tidak perlu merasa terbebani setiap kali Anda berolahraga.

Di samping itu, kegiatan olahraga yang juga bisa Anda lakukan misalnya, berenang, berjalan kaki, zumba atau olahraga jenis lainnya. Kuncinya adalah tetap aktif.

3. Ubah pandangan Anda tentang pola makan

Sewaktu Anda sedang berdiet menurunkan berat badan, Anda tentu sangat menjaga apa yang Anda konsumsi. Ketika berat badan ideal sudah tercapai, sebaiknya teruskanlah pola makan tersebut. Namun, Anda juga tidak perlu menyiksa diri dengan asupan kalori yang sangat rendah.

Anda dapat menerapkan prinsip makan sehat, seperti mengurangi konsumsi makanan yang digoreng, bersantan, berlemak, makanan/minuman manis. Di samping itu, perbanyaklah untuk mengonsumsi buah dan sayuran.

4. Catatlah kemajuan Anda

Anda bisa menuliskan mencatat di dalam jurnal atau buku harian mengenai proses pernurunan berat badan Anda. Mulai dari mencatat berat badan awal Anda, apa saja yang Anda konsumsi dan usaha-usaha apa saja yang sudah Anda lakukan sehingga Anda dapat memiliki berat badan ideal.

Hal tersebut akan membuat Anda dapat mengintrospeksi diri dan menghargai apa yang sudah Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal Anda sehingga usaha yang Anda lakukan tersebut tidak akan menjadi sia-sia.

0 Komentar

Belum ada komentar