Sukses

Penyebab Makan Berlebihan dan Solusinya

Makan berlebihan merupakan suatu kebiasaan yang tidak baik untuk dilakukan. Lalu, bagaimana solusi untuk dapat menghindari makan berlebihan ini? Berikut jawaban dr. Alvin Nursalim.

Anda mungkin pernah merasakan untuk makan secara terus-menerus, dan merasa bahwa Anda harus makan hingga perut Anda benar-benar penuh.

Lalu setelah Anda merasa sangat kenyang, barulah Anda merasa bersalah. Namun demikian, besar kemungkinan bagi Anda untuk mengulangi hal ini di masa yang akan datang.

Makan hingga kenyang merupakan sesuatu yang normal dan dijumpai pada banyak orang. Namun, hal ini akan menjadi masalah ketika makan berlebihan menjadi suatu kebiasaan dan menyebabkan masalah kesehatan.

Penyebab makan berlebihan

Bagi kebanyakan orang, makan berlebihan secara kompulsif berawal dari diet yang terlalu membatasi. Seseorang yang berada dalam diet ketat akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti aturan dietnya. Namun karena tidak tahan akan aturan diet ketat yang dilakukan, maka akhirnya aturan tersebut dilanggar dan terjadilah makan berlebihan.

Pada kasus lain, makan berlebihan yang terjadi merupakan bagian dari kebiasaan yang sudah dilakukan sejak kecil. Banyak sekali ibu yang memberikan makan secara berlebihan pada anaknya, dengan harapan agar anaknya tidak kelaparan. Padahal, kebiasaan ini bisa mencetuskan kebiasaan makan berlebihan di masa yang akan datang.

Solusi makan berlebihan

Penting untuk Anda ingat bahwa makan berlebihan kadang disebabkan oleh pola diet dan pola pikir yang salah terhadap makanan.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keinginan makan berlebihan:

  • Berhenti sejenak

Ketika Anda merasa ingin makan, cobalah untuk berhenti sejenak dan tanyakan pada diri Anda “apakah Anda benar-benar lapar?”

Pasalnya, terkadang banyak orang yang terlalu fokus dengan jenis makanan yang mereka ingin makan hingga mereka lupa bahwa sebenarnya mereka tidak lapar.

  • Hentikan diet yang terlalu ketat

Jangan melarang diri Anda dari makan kudapan yang Anda inginkan. Menghentikan sama sekali keinginan Anda untuk makan dapat menyebabkan kekosongan yang dapat mencetuskan makan berlebihan di waktu yang akan datang.

Karenanya, cobalah untuk makan berbagai jenis makanan yang Anda inginkan dalam jumlah sedikit secara berkala.

  • Cari bantuan medis

Jika Anda merasa bahwa ada sesuatu yang salah dengan kebiasaan makan Anda dan Anda gagal dalam memecahkan permasalahan ini, maka carilah bantuan kesehatan segera. Jangan biarkan masalah makan berlebihan membuat Anda jatuh pada kondisi kegemukan dan meningkatkan risiko Anda menderita penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

0 Komentar

Belum ada komentar