Sukses

Ngemil: Meningkatkan Risiko Kegemukan dan Gigi Berlubang

Tahukah Anda bahwa selain dapat meningkatkan risiko kegemukan, ngemil juga dapat meningkatkan risiko gigi berlubang? Berikut info medis dari drg. Arni Maharani.

Ngemil merupakan sebuah istilah sering terdengar ketika seseorang ingin mengonsumsi makanan kecil di antara waktu makan.

Kebiasaan ngemil atau makan-makanan kecil ini dilakukan oleh sebagian orang, bahkan sudah ada yang menjadikan ngemil ini sebagai kebiasaan dengan jenis camilan tertentu yang menjadi favoritnya.

Konsumsi camilan berbentuk cokelat, ataupun keripik, yang rasanya asin, manis, atau rasa lainnya memang berpotensi membuat naiknya berat badan seseorang. Terlebih lagi jika ngemil dilakukan di malam hari. Selain itu, tanpa disadari ternyata ngemil juga bisa memperbesar risiko gigi berlubang.

Makanan camilan yang banyak dipilih untuk dikonsumsi biasanya merupakan jenis makanan yang tidak sehat dan banyak mengandung kalori, contohnya makanan manis dengan kadar gula tinggi dan jenis makanan berbentuk keripik. Jenis makanan tersebut bisa menyebabkan terganggunya kesehatan gigi, yakni meningkatkan risiko gigi berlubang.

Makanan manis dan keripik merupakan makanan yang bersifat kariogenik. Makanan yang bersifat kariogenik ini jika tertinggal pada rongga mulut dan gigi maka akan diolah oleh bakteri menjadi senyawa yang menyebabkan kerusakan pada lapisan gigi sehingga akhirnya gigi menjadi berlubang.

Bila dibiarkan maka gigi berlubang ini dapat mengganggu aktivitas karena menimbulkan rasa sakit pada fase tertentu. Selain itu, gigi berlubang juga membahayakan kesehatan tubuh dan kesehatan jaringan sekitarnya.

Jika Anda ingin tetap ngemil di antara waktu makan, maka sebaiknya pilihlah dengan bijak makanan yang cukup bersahabat dengan tubuh dan kesehatan gigi Anda, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, keju, dan yoghurt. Hindari makanan manis, lengket dan berkalori tinggi, serta hindari juga minuman yang manis dengan kandungan gula yang sangat banyak. Selain itu, hindari juga minuman dengan kadar asam yang tinggi.

Dan yang terpenting adalah untuk selalu menjaga kebersihan gigi dengan menyikatnya 2 kali sehari secara teratur menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

0 Komentar

Belum ada komentar