Sukses

Bolehkah Anak Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung?

Gerhana matahari yang akan terjadi dalam waktu dekat merupakan fenomena alam yang sangat menarik untuk disaksikan. Namun, bolehkah anak melihat gerhana matahari? Berikut ulasannya.

Gerhana matahari adalah suatu peristiwa alam langka yang amat menarik untuk disimak, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Bagaimana tidak, anak-anak yang pernah mendapat pengetahuan di sekolahnya tentang bagaimana terjadinya gerhana matahari kini dapat menyaksikannya langsung dan membuktikan semua teori yang pernah didapatkannya di sekolah.

Namun, bolehkah gerhana matahari dilihat langsung oleh anak-anak?

Gerhana matahari tidak boleh dilihat langsung dengan mata telanjang, baik oleh orang dewasa, orang tua, apalagi anak-anak yang sel-sel matanya masih sangat sensitif terhadap cahaya.

Pernahkah Anda memproyeksikan sinar matahari ke sebuah kertas menggunakan kaca pembesar? Kertas tersebut lambat laun akan terbakar, begitu pula yang akan terjadi dengan mata apabila melihat matahari secara langsung.

Cahaya dan panas matahari yang sangat kuat dapat merusak sel-sel di retina, area yang penuh dengan saraf penting untuk fungsi pengelihatan. Sel retina tersebut tidak memiliki saraf nyeri sehingga bisa saja kita tidak akan merasakan apapun, walaupun sudah terjadi kerusakan permanen pada mata.

Apakah dengan kacamata ataupun teleskop gerhana matahari dapat digunakan anak-anak untuk melihat gerhana matahari secara langsung? Jawabannya adalah TIDAK.

Kacamata hitam, sekalipun digunakan secara berlapis-lapis, tidak mampu berfungsi sebagai pelindung mata dari pancaran sinar dan panas matahari. Saat hendak melihat gerhana matahari langsung, Anda hanya dapat menggunakan kacamata khusus yang diperuntukan untuk melihat gerhana yang dapat berfungsi sebagai pelindung.

Begitu pula dengan penggunaan teleskop untuk melihat gerhana secara langsung. Pasalnya, teleskop dapat memfokuskan cahaya matahari langsung ke retina sehingga akibat yang ditimbulkan dapat lebih berbahaya.

Bagaimana caranya agar kita dapat menikmati gerhana matahari bersama anak-anak dengan aman?

Anak-anak memiliki kecenderungan untuk melakukan hal yang dilarang. Hal ini dikarenakan mereka masih dalam tahap belajar dan mengeksplorasi diri sehingga memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, berilah pengertian kepada anak tentang bahaya yang bisa ditimbulkan apabila melihat gerhana matahari secara langsung. Libatkan mereka dalam membuat alat yang bisa Anda gunakan bersama untuk menikmati gerhana matahari dengan aman sehingga mereka lebih tertarik untuk menggunakannya.

Salah satu alat sederhana yang dapat Anda buat untuk menikmati gerhana matahari dengan aman bersama anak-anak adalah proyektor pinhole.

Berikut cara membuatnya:

  1. Ambil kardus yang cukup panjang, semakin panjang kardus, semakin baik. Anda dapat melihat proyeksi matahari dengan lebih besar dan jelas. Kardus yang dapat Anda gunakan, misalnya kardus lemari es.
  2. Buat lubang berbentuk persegi di bagian atas/bagian tutup kardus. Lapisi lubang tersebut dengan kertas aluminium foil.
  3. Lubangi pada kertas auminium foil tersebut menggunakan ujung pena yang tajam.
  4. Lubangi juga sisi bawah/bagian alas kardus. Letakkan kertas putih setidaknya 1 meter dari sisi bawah kardus tersebut.

Ajak anak Anda untuk turut serta membuat proyektor pinhole sederhana ini. Namun, tetap awasi anak Anda, terutama saat harus menggunakan peralatan tajam, seperti cutter atau gunting. Buat perjanjian di awal bahwa gerhana matahari hanya dapat dilihat melalui alat ini sehingga mereka akan fokus terhadap proyektor pinhole yang baru saja dibuat.  

Sedikit tips tambahan, pastikan punggung anak Anda membelakangi matahari untuk menghindari gerakan refleksnya melihat langsung gerhana matahari.

0 Komentar

Belum ada komentar