Sukses

Apa Bahayanya Jika Minum Teh Hijau Secara Berlebihan?

Teh hijau terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, efek baiknya pun tidak akan sama lagi pada tubuh.

Selama beratus-ratus tahun, teh hijau sudah dikenal masyarakat memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dari konsumsi teh hijau, yakni dapat mengurangi risiko kanker, mencegah gigi berlubang dan bau mulut, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi.

Namun, bagaimana jika kita mengonsumsi teh hijau secara berlebihan? Apakah efeknya akan tetap baik bagi kesehatan?

Sebuah studi menunjukkan bahwa apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak, teh hijau dapat memiliki efek berbahaya bagi tubuh. Disebutkan bahwa konsumsi teh hijau secara berlebihan akan merusak fungsi dan perkembangan organ reproduksi. Prinsip ‘segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan’ ternyata memang benar, begitu juga dengan konsumsi teh hijau. Walaupun penelitian tersebut dilakukan pada binatang, hal ini tetap harus diwaspadai dan tidak boleh dianggap remeh pada manusia.

Jadi, apa yang harus kita lakukan?

Teh hijau dibuat dari ekstrak daun teh Camellia sinensi. Teh hijau merupakan jenis teh yang sudah diproses dan banyak mengandung antioksidan serta polifenol, yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh.

Studi sebelumnya menyebutkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan melindungi dari berbagai macam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer. Akan tetapi, studi pada binatang menunjukkan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang besar, teh hijau bisa menyebabkan penurunan berat badan secara cepat dan mempengaruhi perkembangan embrio.

Oleh karena itu, konsumsilah teh hijau secara rasional. Karena jika berlebihan maka dapat menyebabkan kematian sel tubuh. Secara garis besar, teh hijau mempunyai efek yang sangat baik apabila dikonsumsi dalam dosis rendah, namun dalam dosis yang tinggi, teh hijau dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar