Sukses

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tangan Agar Tidak Kering

Kulit tangan harus tetap terjaga kesehatannya agar aktivitas Anda tidak terganggu. Bagaimana cara cara menjaga kesehatan kulit tangan agar tidak kering? Berikut info medisnya.

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sibuk. Jadi, ketika kulit tangan Anda kering dan pecah-pecah, sangat tidak mungkin Anda mengabaikannya.

Kemungkinan besar lingkungan Anda ikut berperan dalam kekeringan yang terjadi pada tangan Anda, misalnya kekeringan tangan karena angin musim dingin. Musim dingin akan senantiasa berperan sebagai pencetus flu pada diri Anda, dan akan membuat Anda sering untuk mencuci tangan. Selain itu, beberapa pekerjaan juga dapat memungkinkan terpaparnya tangan pada bahan kimia.

Anda tidak bisa menghalangi datangnya musim dingin atau kemungkinan penyakit yang datang menyerang. Namun, Anda bisa memberikan perawatan yang tepat untuk menjaga kelembapan kulit tangan kita.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengobati tangan kering kronis, antara lain:

1. Lindungi tangan Anda

Melindungi tangan Anda adalah kunci perlindungan utama, misalnya Anda dapat menggunakan sarung tangan berbahan latex ketika Anda berhadapan dengan bahan tertentu yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit tangan Anda.

2. Mencuci tangan

Jangan ragu untuk mencuci tangan demi terjaganya kebersihan Anda, bahkan jika Anda memiliki tangan yang kering kronis. Pasalnya, tangan merupakan media penularan virus yang sangat efektif. Beberapa dermatologis menyarankan untuk mencuci tangan hanya dengan menggosok telapak tangan Anda saja jika kondisi kulit tangan Anda sangat kering.

3. Gunakan pembersih berbahan lembut

Hindari untuk menggunakan sabun yang berbahan deodoran, sabun antibakteri, sabun yang memiliki banyak busa, ataupun sabun wangi. Pasalnya, sabun-sabun tersebut berkecenderungan mengandung zat aditif.

Gunakanlah sabun berpelembap, atau sabun yang memiliki sedikit busa. Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari sabun/cairan pencuci tangan yang berbasis alkohol dan astringent yang dapat menyebabkan kontraksi jaringan tubuh. Di samping itu, Anda juga harus menghindari sabun/cairan pencuci tangan yang mengandung asam alpha-hydroxy (ditemukan di beberapa krim antipenuaan) yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang kering.

4. Gunakanlah pelembap pada tangan Anda

Pelembap adalah bagian penting untuk membantu mengatasi kulit kering. Biasakan untuk menggunakan pelembap setelah Anda mencuci tangan, ataupun setiap tangan Anda terasa gatal dan kering.

Namun, janganlah menggunakan sembarang pelembap. Pasalnya, banyak pelembap yang hanya terbuat dari air sehingga tidak dapat membantu mengunci kelembapan kulit Anda. Pilihlah pelembap berbasis minyak.

Carilah pelembap yang mengandung beberapa hal berikut:

  • Petroleum jelly (petrolatum), minyak mineral, dan lanolin yang dapat membantu megunci air di kulit sehingga kulit tangan Anda akan terjaga hidrasinya
  • Asam laktat dan urea yang dapat membantu melembapkan kulit kering
  • Gliserin dan dimethicone yang dapat membantu produksi air di kulit
  • Asam hyaluronic yang dapat membantu kulit mempertahankan kelembapannya

5. Memakai sarung tangan

Tangan adalah bagian tubuh yang Anda gunakan sepanjang hari sehingga sangat sulit untuk mempertahankan kelembapan kulit tangan tersebut. Anda dapat memakai sarung tangan berbahan katun selama 30 menit atau lebih untuk membantu mempertahankan produk perawatan kulit yang Anda gunakan di malam hari sehingga kelembapan kulit Anda akan tetap terjaga.

Namun, jika tangan Anda masih terasa kering setelah mengikuti beberapa tips di atas, mungkin sudah saatnya Anda untuk berkonsultasi langsung ke dokter kulit agar dapat diketahui penyebab utama terjadinya kulit kering pada diri Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar