Sukses

Bisakah Gigi Kembali Putih Hanya dengan Menyikat Gigi?

Memutihkan gigi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari proses bleaching hingga veneer. Tapi, ada juga yang mengatakan bahwa menyikat gigi dengan cara tertentu dapat memutihkan gigi. Simak fakta medisnya di sini!

Mungkin Anda jadi malas senyum atau tertawa ketika gigi tampak kuning karena merasa tidak percaya diri. Permasalahan gigi kuning ini sangat mengganggu bagi sebagian orang.

Warna gigi pada setiap orang memang berbeda-beda, ada yang memiliki warna putih alami yang cukup menawan dan ada juga yang kuning, kecoklatan bahkan abu-abu.

Perubahan warna pada gigi bisa terjadi karena kebiasaan, pola makan, dan pengaruh obat-obatan. Gigi yang awalnya berwarna putih dapat berubah menjadi kuning akibat kebiasaan merokok, minum kopi dan teh, sehingga meninggalkan noda pada permukaan gigi.

Tapi jangan khawatir! Perubahan warna pada permukaan gigi ini bisa dipulihkan dengan  menyikat gigi.

Bagaimana cara menyikat gigi yang tepat untuk memutihkan gigi?

Pada prinsipnya, menyikat gigi adalah cara utama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Tapi ternyata, menyikat gigi dapat pula membantu mengembalikan warna putih alami gigi dengan menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk memutihkan gigi atau yang biasa dikenal dengan pasta gigi whitening, noda yang membuat warna gigi menguning akan terangkat dengan daya abrasif yang berasal dari bahan campuran pasta gigi tersebut. Hasilnya akan mulai terlihat dalam waktu dua sampai enam minggu, asalkan penyikatan dilakukan dua kali sehari.

Namun, perubahan warna tidak akan sangat signifikan karena hanya mengembalikan warna asli gigi. Jika Anda tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat gigi berubah warna, maka akan sulit mendapatkan perubahan yang diharapkan.

Apakah semua kondisi gigi dapat diputihkan dengan menyikat gigi?

Tidak semua perubahan warna gigi disebabkan oleh noda, tetapi ada juga yang diakibatkan karena penggunaan obat antibiotik sehingga gigi berubah menjadi kecoklatan bahkan abu-abu. Ada juga perubahan warna yang dikarenakan oleh gigi yang telah mati sehingga gigi menjadi berwarna kehitaman.

Pada kondisi-kondisi seperti itu, Anda tidak dapat mengatasinya dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi whitening. Berkonsultasilah langsung dengan dokter gigi mengenai pilihan perawatan yang tepat. 

0 Komentar

Belum ada komentar