Sukses

Bisakah Gigi Kembali Putih Hanya dengan Menyikat Gigi?

Dalam beberapa kondisi, gigi kuning masih dapat diputihkan kembali. Apakah menyikat gigi bisa menjadi salah satu solusi untuk memutihkan gigi?

Perubahan warna pada gigi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Gigi yang awalnya berwarna putih dapat berubah menjadi kuning karena kebiasaan, seperti merokok atau pola makan sehingga meninggalkan noda pada permukaan gigi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Perubahan warna pada permukaan gigi dapat diputihkan, salah satunya dengan menyikat gigi.

1 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Menyikat Gigi yang Tepat untuk Memutihkan Gigi?

Pada prinsipnya, menyikat gigi adalah cara utama yang cukup mudah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Namun, ternyata, menyikat gigi dapat pula membantu mengembalikan warna putih alami gigi dengan beberapa cara. 

Berikut cara memutihkan gigi dengan sikat gigi:

  1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk memutihkan gigi atau yang biasa dikenal dengan pasta gigi whitening, noda yang membuat warna gigi menguning akan terangkat dengan daya abrasif yang berasal dari bahan campuran pasta gigi tersebut.

Artikel Lainnya: Jangan Ditiru! Ini Cara Menyikat Gigi yang Salah

  1. Rutin Menyikat Gigi

Menyikat gigi dapat membantu menjaga agar gigi tetap putih dengan menghilangkan kotoran yang menumpuk dari makanan dan minuman. Anda harus menyikatnya secara efektif untuk memaksimalkan efek pembersihan. 

Sikatlah gigi secara teratur dua kali sehari setiap harinya, yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. 

  1. Sikat Secara Perlahan

Berhati-hatilah, karena menyikat gigi terlalu keras dapat berisiko mengikis lapisan email pada gigi Anda sendiri. Hal ini memperlihatkan lapisan dentin gigi dan menyebabkan perubahan warna. Sikatlah gigi dengan lembut, dan pilihlah sikat gigi berbulu halus. 

2 dari 3 halaman

Apakah Semua Kondisi Gigi Dapat Diputihkan dengan Menyikat Gigi?

Perlu diketahui, bahwa tidak semua perubahan warna gigi dapat diatasi hanya dengan menyikat gigi saja. Ada beberapa kondisi yang memerlukan perawatan khusus, seperti:

  • Penggunaan Antibiotik

Penggunaan obat-obatan, seperti antibiotik, dapat membuat gigi berubah warna menjadi kecoklatan, bahkan abu-abu. Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. 

Artikel Lainnya: Memutihkan Gigi dengan Charcoal, Efektifkah?

  • Gigi Mati

Gigi berlubang yang sudah mencapai ke saraf dan tidak dirawat menyebabkan gigi tersebut mati. Senyawa-senyawa yang dihasilkan dari bakteri pada gigi yang sudah mati dapat merembes ke pori-pori gigi di sekitar dentin, sehingga memengaruhi warna dari gigi itu sendiri.

  • Usia

Pada orang yang sudah lanjut usia, di mana lapisan enamel pada gigi sudah semakin menipis sehingga warna kuning pada dentin akan semakin terlihat. 

  • Faktor Genetik

Warna gigi alami yang sudah dimiliki oleh seseorang sejak gigi giginya pertama kali tumbuh.

Pada kondisi-kondisi tersebut, Anda tidak dapat mengatasinya hanya dengan menyikat gigi dan menggunakan pasta gigi whitening. Perlu juga dilakukan perawatan-perawatan tertentu untuk menanganinya. Oleh karena itu, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi.

Lebih lanjut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah noda pada gigi, yang membuat gigi menguning. Batasi konsumsi asupan seperti kopi, soda, dan red wine. Segeralah menyikat gigi segera setelah mengonsumsi asupan tersebut untuk meminimalkan efek sampingnya. Merokok juga harus dihindari agar gigi tidak kuning.

Selain itu, batasi juga asupan gula Anda. Pola makan yang tinggi gula ternyata bisa mendukung pertumbuhan bakteri penyebab plak. Jika Anda mengonsumsi gula, langsung sikat gigi setelahnya agar gigi tidak kuning dan rusak. 

Anda masih punya pertanyaan mengenai cara memutihkan gigi yang aman? Silakan berkonsultasi dengan dokter gigi melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY]

2 Komentar