Sukses

Jenis-Jenis Minyak Alami untuk Kecantikan

Sederet minyak alami ini selalu dicari banyak orang, karena dianggap menyimpan manfaat lebih untuk masalah kulit tertentu atau kecantikan kulit.

Perawatan kecantikan belakangan ini kian berkembang. Jika dahulu yang umum digunakan adalah serum dan krim perawatan wajah, kini orang-orang mulai mencoba menggunakan minyak alami untuk kecantikan kulit.

Minyak alami adalah minyak yang diperoleh dari ekstrak tumbuh-tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat perawatan kulit. Beda minyaknya, beda pula manfaatnya.

Berikut adalah contoh minyak alami yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan Anda:

1 dari 6 halaman

1. Tea Tree

Minyak untuk kecantikan yang paling terkenal adalah tea tree. Minyak ini memiliki khasiat untuk meredakan kemerahan dan peradangan akibat jerawat. Bahkan ada studi yang menyatakan bahwa minyak ini memiliki kegunaan yang setara dengan benzoil peroksida (salah satu kandungan obat jerawat).

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat, kemerahan, atau bruntusan, gunakanlah produk kecantikan yang memiliki kandungan tea tree oil di dalamnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kulit Lembut dan Bebas Jerawat

2. Argan

Minyak argan sangat kaya akan antioksidan polifenol yang bermanfaat untuk melawan penuaan dini. Selain itu, minyak ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan membuat wajah lebih kenyal.

Selain untuk wajah, minyak argan juga dapat digunakan sebagai pelembap dan vitamin rambut. Karena banyaknya manfaat dari kandungan minyak argan, minyak ini dijuluki sebagai “cairan emas”.

3. Marula

Minyak marula terbuat dari buah pohon marula yang berasal dari Afrika Selatan. Minyak ini kaya akan asam lemak yang dapat melembapkan kulit kering. Tak heran apabila minyak untuk kecantikan ini dinilai serbaguna. Karena selain untuk kulit, minyak marula juga bisa digunakan untuk rambut dan kuku Anda.

Meskipun minyak ini dapat melembapkan dan cepat meresap, Anda tidak perlu khawatir kulit Anda menjadi berminyak dan mengilap, sehingga sangat ideal digunakan di bawah riasan atau bahkan dicampur dengan alas bedak untuk kilau yang bercahaya.

2 dari 6 halaman

4. Kamomil

Bunga yang umumnya digunakan sebagai teh ini dapat diekstrak menjadi minyak yang memiliki efek antiperadangan dan antiseptik. Minyak kamomil juga dapat meredakan kemerahan, iritasi, dan infeksi.

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit seperti jerawat, eksim, maupun alergi, minyak ini dapat menjadi alternatif sebagai perawatan alami untuk mengatasinya.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Argan untuk Kulit Wajah

5. Rosehip

Minyak ini sangat kaya akan vitamin A, C, D, E, dan beta-karoten yang dapat memperbarui sel kulit, meningkatkan produksi kolagen, melindungi dan melembabkan kulit, serta melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, minyak rosehip juga dapat meratakan warna kulit wajah dan mencegah terjadinya stretch mark. Karena kandungan vitamin A yang tinggi, minyak rosehip digunakan sebagai salah satu produk untuk mencegah jerawat dan penuaan dini.

3 dari 6 halaman

6. Kelapa

Kaya akan vitamin E, protein, dan asam lemak esensial, minyak kelapa bermanfaat untuk melindungi dan melembapkan kulit kering. Mulai dari wajah, bibir, tubuh, hingga kutikula dan kulit yang kering. Selain itu, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk meredakan iritasi akibat eksim kulit.

Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering, mencegah ketombe, kulit kepala gatal, dan iritasi karena memiliki sifat antimikroba dari asam laurat dan kaprilat.

Minyak ini akan membuat rambut Anda lebih tebal, lebih kuat, lebih bersinar, dan tampak lebih sehat karena kemampuan untuk menembus ke dalam kutikula rambut.

7. Rosemary

Minyak rosemary diketahui dapat melebatkan rambut. Sebuah studi mengemukakan bahwa minyak ini dapat membantu mengatasi kebotakan hormonal pada pria jika digunakan selama 6 bulan secara berturut-turut.

Hasilnya pun tidak kalah dengan pengobatan dengan minoxidil 2% (obat yang biasa digunakan untuk mengatasi kebotakan).

Jika Anda memiliki masalah kerontokan atau kebotakan, Anda dapat menggunakan minyak rosemary sebagai terapi untuk mengatasinya.

Artikel Lainnya: Minyak Kelapa Sawit Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

4 dari 6 halaman

8. Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya dikenal sehat untuk memasak, tapi juga baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Zaitun memiliki beragam kandungan, seperti vitamin A, B, D, E, K, dan juga berbagai antioksidan, sehingga minyak zaitun juga digunakan untuk kecantikan.

Minyak ini biasanya digunakan untuk melembapkan kulit. Sehingga bagi Anda yang memiliki kulit kering, gunakanlah minyak zaitun pada wajah atau muka sehabis mandi untuk kulit yang lembut.

Jika Anda punya rambut yang kering dan kusut, usapkanlah minyak zaitun pada kulit kepala dan batang rambut Anda, lalu pijat perlahan. Minyak ini dapat meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan rambut, sekaligus membuat rambut Anda halus dan lebih berkilau.

9. Jojoba

Jojoba adalah tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika Barat. Sejak dulu, biji dari tanaman ini diolah dan minyaknya diekstraksi untuk digunakan sebagai pengobatan. Minyak ini dinilai memiliki efek antiradang dan juga mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, dari semua senyawa yang ditemukan di alam, minyak jojoba secara struktural dan kimiawi paling mirip dengan sebum manusia, artinya meniru struktur kulit. Karenanya, jojoba juga dikenal sebagai minyak untuk kecantikan, karena dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum dan mengatasi jerawat.

5 dari 6 halaman

10. Biji Anggur

Minyak biji anggur mengandung vitamin E dan asam lemak esensial, sehingga memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan juga anti radang. Minyak untuk kecantikan ini memang masih jarang digunakan orang, tapi khasiatnya tidak kalah dengan minyak lain yang sudah terkenal.

Anda dapat mengoleskan minyak biji anggur ke seluruh tubuh sehabis mandi, lalu pijat secara pelan untuk mendapatkan kulit yang halus, lembap, dan awet muda. Gunakanlah minyak ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Almond

Tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk kacang, almond juga diolah sehingga terbentuklah minyak almond. Minyak ini kaya akan vitamin E, K, seng, protein, dan kalium sehingga digunakan juga sebagai minyak untuk kecantikan.

Tekstur minyak almond dinilai lebih ringan dari minyak zaitun, sehingga baik untuk melembutkan dan melembapkan tubuh maupun wajah. Minyak ini juga sering kali digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan rambut karena dapat memberikan nutrisi dan kelembutan pada rambut Anda.

Itulah minyak-minyak alami yang bisa digunakan untuk kecantikan wajah Anda. Selain dapat melembapkan dan menghaluskan kulit, beberapa minyak tersebut juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat, flek, dan juga sebagai anti-aging.

Baca artikel kesehatan kulit lainnya hanya di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kulit Anda dengan dokter melalui fitur Live Chat. Gratis!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar