Sukses

6 Jenis Minyak Alami untuk Kecantikan

Saat ini, minyak alami memang sedang banyak dicari. Pasalnya, minyak alami diyakini dapat menggantikan fungsi krim pelembap, terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering. Simak ulasan lengkapnya bersama dr. Karin Wiradarma di sini.

Perawatan kecantikan belakangan ini kian berkembang. Jika dahulu yang umum digunakan adalah serum dan krim perawatan wajah, kini orang-orang mulai mencoba menggunakan minyak alami.

Minyak alami adalah minyak yang diperoleh dari ekstrak tumbuh-tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat perawatan kulit. Beda minyaknya, beda pula manfaatnya.

Berikut adalah contoh minyak alami yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan Anda.

1. Tea Tree

Minyak tea tree memiliki khasiat untuk meredakan kemerahan dan peradangan akibat jerawat. Bahkan ada studi yang menyatakan bahwa minyak ini memiliki kegunaan yang setara dengan benzoil peroksida (salah satu kandungan obat jerawat).

2. Argan

Minyak argan sangat kaya akan antioksidan polifenol yang bermanfaat untuk melawan penuaan dini. Selain itu, minyak ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan membuat wajah lebih kenyal.

Selain untuk wajah, minyak argan juga dapat digunakan sebagai pelembap dan vitamin rambut. Karena banyaknya manfaat dari kandungan minyak argan, minyak ini dijuluki sebagai “cairan emas”.

3. Marula

Minyak ini terbuat dari buah pohon marula yang berasal dari Afrika Selatan. Minyak marula kaya akan asam lemak yang dapat melembapkan kulit kering. Meskipun minyak ini dapat melembapkan, Anda tidak perlu khawatir kulit Anda menjadi berminyak dan mengilap, karena minyak marula cepat meresap.

3. Kamomil

Bunga yang umumnya digunakan sebagai teh ini juga dapat diekstrak menjadi minyak yang memiliki efek antiperadangan dan antiseptik. Minyak kamomil dapat meredakan kemerahan, iritasi, dan infeksi.

4. Rosehip

Minyak ini sangat kaya akan vitamin A yang dapat memperbarui sel kulit dan kolagen. Selain itu, minyak rosehip juga dapat meratakan warna kulit wajah dan mencegah terjadinya stretch mark. Karena kandungan vitamin A yang tinggi, minyak rosehip digunakan sebagai salah satu produk untuk mencegah jerawat dan penuaan dini.

5. Kelapa

Kaya akan vitamin E, protein, dam asam lemak esensial, minyak kelapa bermanfaat untuk melindungi dan melembapkan kulit kering. Mulai dari wajah, bibir, tubuh, hingga kutikula dan kulit yang kering. Selain itu, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk meredakan iritasi akibat eksim kulit.

6. Rosemary

Minyak rosemary diketahui dapat melebatkan rambut. Sebuah studi mengemukakan bahwa minyak ini dapat membantu mengatasi kebotakan hormonal pada pria jika digunakan selama 6 bulan secara berturut-turut. Hasilnya pun tidak kalah dengan pengobatan dengan minoxidil 2% (obat yang biasa digunakan untuk mengatasi kebotakan).

0 Komentar

Belum ada komentar