Sukses

Pentingnya Pelindung Gigi Ketika Tidur

Pelindung gigi diyakini merupakan suatu hal yang penting untuk digunakan ketika tidur. Mengapa pelindung gigi ini penting? Berikut ulasan dari drg. Arni Maharani.

Membaca judul dari artikel ini mungkin membuat Anda bertanya, “Memangnya ada bahaya apa pada gigi sampai harus dilindungi ketika tidur?”

Faktanya, terdapat suatu kelainan yang terjadi pada saat seseorang tertidur, dan kelainan ini cukup merusak gigi dan jaringan sekitarnya.

Bruxism adalah kebiasaan mengerat gigi yang utamanya terjadi secara tidak sadar pada saat penderitanya tidur. Menurut berbagai sumber penelitian, ada beberapa penyebab dari timbulnya bruxism pada seseorang, seperti faktor lokal dalam rongga mulut dan psikologis yang bisa berupa stres. Pada anak-anak, kondisi psikologis ini dikaitkan dengan anak yang agresif dan hiperaktif.

Kerusakan di gigi yang bisa timbul karena bruxism cukup membahayakan kesehatan gigi. Pasalnya, gigi dapat mengalami kerusakan di mana permukaan gigi tersebut menjadi aus, dan meningkatnya risiko terbukanya kamar saraf gigi karena banyaknya lapisan gigi yang hilang.

Dilihat dari variasi penyebabnya, maka perawatan yang akan diberikan harus didasari dengan pemeriksaan rongga mulut dan gigi, serta pemeriksaan menyeluruh pada penderita.

Salah satu alat yang direkomendasikan untuk melindungi gigi dari risiko kerusakan akibat bruxism yang dialami dan sebagai bagian dari perawatannya adalah mouthguard.

Mouthguard untuk penderita bruxism

Mouthguard merupakan alat yang bentuknya menyerupai pelindung mulut yang dapat mengurangi tekanan antara gigi rahang atas dan rahang bawah yang beradu sehingga mouthguard dapat menjadi penghalang antar gigi-gigi tersebut. Selain itu, mouthguard juga memungkinkan dapat memperkecil suara yang timbul akibat gigi-gigi yang beradu.

Mouthguard biasanya digunakan ketika berolahraga. Di samping itu, mouthguard juga bisa dipakai pada saat tidur. Penggunaan mouthguard ini harus dalam pengawasan dokter agar keefektifan mouthguard tersebut ketika digunakan dapat terus terpantau.

Saat ini, mouthguard bisa didapatkan dengan bantuan dokter gigi. Pasalnya, diperlukan adanya pencetakan gigi terlebih dahulu untuk kemudian dilanjutkan ke pembuatan mouthguard di laboratorium. Hal tersebut dilakukan agar mouthguard yang dihasilkan akan pas dan nyaman pada gigi penderita.

0 Komentar

Belum ada komentar