Kesehatan Mental

Galau Setelah Liburan? Mungkin Anda Mengalami Ini

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 29 Feb 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Usai pulang dari liburan, Anda malah merasa semakin lesu dan murung. Anda pun jadi ‘mengawang’ seolah masih berada di dunia tamasya.

Galau Setelah Liburan? Mungkin Anda Mengalami Ini

Berlibur merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan untuk menepis kejenuhan. Anda bisa keluar sejenak dari berbagai rutinitas dan tekanan pekerjaan untuk menikmati indahnya tempat liburan.

Usai liburan, tiba-tiba Anda dipayungi perasaan sedih dan murung, mengingat bahwa Anda sudah benar-benar kembali ke kehidupan nyata. Sebenarnya, apa yang terjadi dengan diri Anda?  

Apa Itu Post-Vacation Blues?

Post-vacation blues adalah perasaan sedih setelah kembali dari liburan. Semakin panjang liburan, maka semakin besar kemungkinan terjadinya post-vacation blues. Umumnya, mereka menyadari betapa membosankan dan tidak memuaskan kehidupan normal yang mereka jalani. Post-vacation blues dapat menyebabkan perasaan lelah, hilang nafsu makan, bahkan depresi. Jadi, Anda perlu cermat dalam mencegah terjadinya perasaan sedih setelah liburan ini.

Bagaimana Cara Mengurangi Post-Vacation Blues?

Pada umumnya, post-vacation blues akan berkurang seiring berjalannya waktu. Biasanya akan memakan waktu beberapa hari, namun pada kasus ekstrem memerlukan beberapa minggu sampai suasana hati kembali normal. Namun, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi post-vacation blues.

Jika Anda merencanakan liburan, cobalah untuk menyisakan satu hari libur sebelum Anda masuk bekerja. Dengan menyisakan satu hari sisa tersebut, maka Anda dapat mempersiapkan kondisi mental Anda dengan beristirahat di rumah sebelum kembali beraktivitas. Menyisakan satu hari di rumah juga memberikan kesempatan pada diri Anda untuk mengurangi jet lag yang umumnya dirasakan setelah liburan.

Mengenang liburan yang Anda jalani juga merupakan cara yang baik. Cobalah lihat foto atau cenderamata yang Anda beli saat liburan. Bagikan pengalaman liburan Anda dengan orang sekitar Anda. Selain itu, Anda juga dapat merencanakan liburan selanjutnya, untuk dijadikan acuan diri Anda pada masa mendatang.

GalauLiburan

Konsultasi Dokter Terkait