Sukses

Hati-Hati, Ponsel Anda Bisa Jadi Sumber Penyakit

Ponsel merupakan suatu benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, khususnya di zaman seperti sekarang ini. Namun, tahukah Anda bahwa ponsel Anda bisa jadi sumber penyakit? Berikut ulasannya.

Ponsel merupakan suatu benda yang sepertinya sudah tidak dapat dipisahkan dari diri kita, khususnya di zaman modern seperti sekarang ini. Kebutuhan akan komunikasi dan informasi menjadikan ponsel sebagai salah satu kebutuhan pokok bagi seseorang.

Di samping memiliki fungsi yang tidak terbatas, ternyata ponsel canggih Anda merupakan salah satu benda yang terbilang sangat kotor. Pasalnya, berbagai kuman yang dapat merugikan kesehatan dapat bersemayam di ponsel Anda.

Tidak pernah mencuci tangan sebelum menyentuh ponsel, meletakkan ponsel di sembarang tempat, dan tidak pernah membersihkannya dengan kapas alkohol menjadi penyebab jutaan kuman bersemayam di setiap sisi ponsel Anda. Alhasil, ponsel Anda menjadi salah satu benda yang terbilang sangat kotor sehingga dapat menjadi sumber penularan berbagai penyakit.

Berikut beberapa kuman penyakit yang ada di ponsel Anda:

  • Escherichia coli

Pada dasarnya, Escherichia coli merupakan bakteri yang normalnya ada pada usus. Namun, tidak jarang beberapa strain bakteri ini menimbulkan penyakit, misalnya diare dan keracunan makanan. Bakteri ini dapat menempel pada ponsel Anda karena kondisi tangan yang kurang bersih ketika Anda memegang ponsel Anda, misalnya kondisi tangan setelah buang air besar tetapi tidak mencuci tangan setelahnya, ataupun karena ponsel diletakkan di tempat-tempat yang kurang bersih.

  • Staphilococus aureus

Bakteri jahat yang berasal dari saluran pernafasan ini dapat menyebabkan radang paru (pneumonia), radang selaput otak (meningitis), jerawat, bisul, dan nyeri pada sendi. Gejala yang ditimbulkan mulai dari tingkatan ringan hingga dapat menyebabkan kematian. Bakteri tersebut menempel pada ponsel Anda melalui sentuhan tangan penderita yang telah terkontaminasi pada ponsel Anda, ataupun melalui liur yang terpercik ke ponsel pada saat menelepon.

  • Haemophilus influenza

Bakteri yang berasal dari mukosa saluran pernafasan ini biasanya ditularkan melalui percikan liur (droplet). Bakteri jenis ini dapat menempel pada ponsel melalui percikan penderita yang terjadi saat ponsel digunakan. Bakteri ini dapat menyebabkan radang telinga (otitis), infeksi saluran pernafasan, radang sendi, hingga radang selaput otak (meningitis). Pada anak-anak yang terinfeksi bakteri ini dapat menyebabkan gejala yang berat. Bahkan, meningitis yang terjadi pada anak dapat menyebabkan kematian pada anak tersebut.

  • Virus Influenza

Virus influenza merupakan virus dari keluarga Orthomyxoviridae dan virus ini merupakan virus penyebab penyakit influenza. Penyakit akibat virus ini sangat mudah menular karena dapat ditularkan melalui udara. Pada dasarnya, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya jika daya tahan tubuh orang yang terpapar virus ini sudah kembali membaik. Gejala penyakit yang disebabkan oleh virus ini mulai dari ringan hingga berat, bahkan tidak jarang pada saat wabah terjadi, penyakit ini banyak mengakibatkan korban jiwa.

Virus ini dapat menempel di ponsel Anda melalui tangan yang terkontaminasi, dan melalui partikel yang keluar pada saat bersin atau batuk.

Demikian beberapa bakteri dan virus yang dapat menempel pada ponsel dan dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit tingkat ringan hingga penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Pada kenyataannya, jenis mikroorganisme jahat yang bisa menempel pada ponsel Anda jauh lebih banyak dari yang telah dijelaskan, dan jumlah mereka mungkin tidak terhitung. Hal inilah yang menjadikan ponsel sebagai salah satu benda yang paling kotor, bahkan melebihi toilet.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan ponsel dengan rutin membersihkannya dengan kapas alkohol. Selain itu, Anda juga perlu cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan ponsel Anda. Di sampingi itu, jauhkanlah juga ponsel Anda dari jangkauan balita Anda karena reflek si kecil yang sering memasukkan segala benda yang ia pegang ke dalam mulutnya.

0 Komentar

Belum ada komentar