Sukses

Jenis Plastik dan Tingkat Keamanannya Saat Digunakan

Jenis plastik dan tingkat keamanannya sangatlah beragam. Kenali Jenis plastik dan tingkat keamanannya saat digunakan di sini.

Plastik adalah bahan yang sering kita gunakan sebagai wadah makanan dan minuman yang sangat praktis. Karenanya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis plastik yang aman untuk digunakan.

Pasalnya, wadah plastik mengandung banyak bahan kimia, beberapa di antaranya telah diidentifikasi sangat berbahaya bila terpapar oleh bahan kimia tersebut.  Bahan kimia, khususnya bisphenol A dan phthalates merupakan dua bahan kimia yang harus Anda hindari. Hal ini disebabkan karena kedua bahan kimia tersebut sangat berbahaya bagi hewan dan manusia.

Para peneliti menyebutkan bahwa bisphenol A memang dapat menimbulkan efek berbahaya. Sedangkan, pthalates umumnya dianggap aman dengan pemakaian dalam jumlah tertentu. Namun, lebih baik Anda memilih bahan yang terbebas dari kedua bahan plastik yang berbahaya tersebut. Anda dapat mengidentifikasi jenis plastik dalam wadah dengan melihat nomor kode daur ulang.

Berikut penjelasannya:

Jenis plastik tipe 1: Polyethylene Teraphthalate - Jangan digunakan kembali

Plastik tipe 1 ini akan sering Anda temukan pada plastik botol kemasan jus, salad dressing, air, minyak sayur dan obat kumur. Selain itu, kemasan selai kacang juga sering mengandung plastik tipe 1 ini.

Plastik tipe 1, Polyethylene teraphthalate merupakan jenis tipe plastik yang ringan dan halus. Plastik tipe ini memang hanya digunakan untuk sekali pemakaian saja. Kemasan yang berbahan plastik Polyethylene Teraphthalate memiliki symbol “PET”.

Jenis plastik tipe 2: High-Density Polyethylene - Aman

Kemasan susu, deterjen, tas freezer dan kantong plastik biasa merupakan jenis plastik yang mengandung high-density polyethylene. Plastik jenis ini merupakan jenis plastik yang relatif kaku. Plastik tipe 2 ini tidak mengandung bisphenol A atau phthalates. Selain itu, plastik tipe 2 ini juga diketahui tidak mengandung bahan kimia berbahaya lainnya. Kemasan yang menggunakan tipe plastik high-density polyethylene memiliki simbol "HDPE".

Jenis plastik tipe 3: Polyvinyl Chloride - Berisi Phthalates

Polyvinyl chloride mengandung phthalates yang dapat menyebabkan masalah reproduksi pada hewan dan pada manusia. Kemasan yang mengandung polyvinyl chloride memiliki simbol "V".

Jenis plastik tipe 4: Low-Density Polyethylene - Aman

Kemasan makanan beku dan kemasan bumbu masakan sering menggunakan plastik tipe 4 ini. Karena, selain fleksibel, plastik tipe 4 ini juga tahan terhadap bahan pelarut. Plastik tipe 4 ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Kemasan yang menggunakan low-density polyethylene memiliki simbol "LDPE".

Jenis plastik tipe 5: Polypropylene - Aman

Kemasan yang mengandung polypropylene tidak mencemarkan bahan kimia berbahaya ke dalam makanan atau cairan. Yoghurt, minuman, kecap dan obat-obatan biasanya menggunakan plastik tipe ini. Plastik tipe 5 ini merupakan tipe plastik yang fleksibel, keras dan semi-transparan dan memiliki resistensi yang tinggi terhadap bahan pelarut. Kemasan yang mengandung polypropylene memiliki simbol "PP".

Jenis plastik tipe 7: Polycarbonate - Berbahaya

Anda harus menghindari wadah plastik tipe 7 ini karena mungkin mengandung bisphenol A yang dapat larut ke dalam apapun yang ditampung menggunakan plastik tipe ini. Plastik tipe 7 memiliki simbol "PC" atau "Other”.

0 Komentar

Belum ada komentar