Sukses

Kista pada Gigi Geraham Bungsu

Kista pada gigi geraham bungsu mungkin saja terjadi. Berikut ulasan mengenai kista pada gigi geraham bungsu oleh drg. Arni Maharani

Tahukah Anda bahwa kista juga bisa terdapat pada rongga mulut? Kista pada rongga mulut dapat terjadi dan mengalami pembesaran, baik pembesaran di dalam mulut saja maupun pembesaran hingga ke wajah.

Kista merupakan sebuah rongga abnormal yang dibatasi oleh epithelium dan berisi cairan yang bukan darah ataupun nanah. Berdasarkan dindingnya, kista dalam rongga mulut di bagi menjadi:

  • Kista odontogenik yang dinding epitelnya berasal dari sisa sisa epitel organ pembentuk gigi
  • Kista nonodontogenik yang dindingnya berasal dari bahan yang bukan organ pembentuk gigi, seperti epitel pada saat proses pembetukan wajah

Biasanya, keberadaan kista ini tidak disadari oleh penderitanya karena terjadi tanpa gejala. Kista baru akan terdeteksi ketika dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi dan pemeriksaan dengan foto x ray. Selain itu, kista bisa juga terdeteksi ketika telah terjadi infeksi sekunder atau ketika kista telah membesar sehingga menyebabkan pembengkakan pada wajah.

Kista dan Gigi Geraham Bungsu

Gigi geraham bungsu sering mengalami banyak gangguan pertumbuhan yang disebut dengan impaksi. Pada gigi yang impaksi total atau tidak muncul sama sekali, seperti pada beberapa kasus gigi geraham bungsu, bisa terjadi kista dentigerous atau kista folikular. Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh kantung yang menyelimuti benih gigi geraham bungsu yang tidak tumbuh dan mengalami degenerasi kistik.

Pada kista dentigerous yang terjadi di gigi geraham bungsu rahang atas bisa menyebabkan timbulnya benjolan pada pipi sehingga wajah menjadi asimetris. Selain dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada tulang rahang, pembesaran kista akan berujung pada patahnya tulang rahang, dan kista ini juga bisa berkembang menjadi ameloblastoma atau tumor yang jika membesar akan merubah lengkung rahang dan mendesak gigi.

Tindakan medis untuk kista pada gigi geraham bungsu

Enukleasi adalah tindakan medis yang sering dilakukan untuk mengatasi kista dentigerous bersamaan dengan pencabutan gigi geraham bungsu. Jika tindakan enukleasi dan pencabutan gigi pada kista yang lebih besar berisiko terhadap terjadinya kerusakan saraf dan struktur anatomi jaringan sekitarnya, maka penatalaksanaan kista dentigerous bisa dilakukan dengan marsupialisasi.

0 Komentar

Belum ada komentar