Sukses

Pasang Kawat Gigi di Tukang Gigi, Amankah?

Kini banyak orang yang mengklaim memiliki keahlian dalam memasang kawat gigi. Mereka menyatakan bahwa prosedurnya aman dan murah, meski sebenarnya mereka bukanlah dokter gigi.

Pemasangan kawat gigi tak bisa sembarangan. Prosedur ini sebaiknya melalui dokter gigi yang kompeten dan memiliki izin yang jelas. Tetapi, bagaimana jika kita ingin melakukan pemasangan kawat gigi pada tukang gigi atau ahli gigi? Apakah hal tersebut aman?

Perawatan Kawat Gigi

Kawat gigi merupakan perawatan pada gigi yang mengalami kelainan posisi atau disebut juga  maloklusi.

Kondisi maloklusi ini bisa sangat mengganggu penampilan seseorang. Contohnya pada kasus di mana susunan gigi atas terlalu maju, serta kondisi rahang bawah yang lebih maju ketimbang rahang atas. Tapi bukan hanya berpengaruh pada penampilan, maloklusi juga bisa menyebabkan gangguan pada saat makan, bicara, gigi berlubang, dan kehilangan gigi.

Kondisi maloklusi tidak hanya itu saja. Terdapat beberapa kelainan posisi gigi lainnya seperti gigi berjejal dan bertumpuk.

Namun sepertinya penggunaan kawat gigi telah bergeser menjadi suatu tren mode dan status sosial seseorang. Tampilan alat ortodonti ini pada tipe tertentu dapat berganti-ganti warna sehingga tampak fashionable, dan biaya perawatan kawat gigi yang tergolong tidak murah dapat membuat status sosial seseorang yang menggunakannya menjadi lebih baik.

Dampak Pemasangan Kawat Gigi Sembarangan

Tingginya minat masyarakat akan pemasangan kawat gigi menyebabkan adanya pihak-pihak tertentu yang menyalahgunakan tren ini. Mereka melihatnya sebagai peluang untuk melempar iklan pemasangan kawat gigi dengan embel-embel lebih murah dan lain-lain. Dan kenyataannya, kebanyakan dari mereka tidak memiliki kompetensi untuk melakukan prosedur ini – mereka tidak mempunyai latar belakang pendidikan dan izin yang sesuai dengan peraturan serta undang-undang kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Untuk melakukan pemasangan kawat gigi, dokter akan memulainya dengan tanya jawab, pemeriksaan klinis atau pemeriksaan secara langsung sampai pemeriksaan dengan sinar-X. Berbeda halnya jika Anda melakukan pemasangan kawat gigi selain dengan dokter gigi.

Lalu, apa saja risiko yang bisa dialami pasien yang memasang kawat gigi sembarangan?

  • Goyangnya gigi.
  • Infeksi pada gusi yang bisa menjalar sampai ke jaringan di bawahnya, yaitu tulang pendukung gigi, pembengkakan, bau mulut, gigi berlubang, dan luka pada jaringan sekitar.
  • Pada beberapa kasus, apabila kerusakan yang ditimbulkan cukup parah, maka infeksi tidak hanya dapat mengganggu kesehatan rongga mulut tetapi bisa menyebar ke tubuh dan organ vital lainnya.
  • Bila sudah terjadi kelainan dan kerusakan, tentu saja akan membutuhkan perawatan dengan biaya tertentu. Semakin kompleks perawatan yang diperlukan untuk mengatasi kerusakan, maka akan semakin besar biaya yang diperlukan.

Jadi, sebaiknya janganlah melakukan perawatan medis pada pihak yang sebenarnya tidak kompeten dan memiliki izin yang jelas. Hal ini tidak hanya dapat merugikan kantong Anda, tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan. 

1 Komentar