Sukses

Berciuman Bisa Cegah Gigi Berlubang

Tidak hanya dapat merekatkan hubungan dengan pasangan, ciuman ternyata juga bermanfaat untuk gigi kita!

Banyak orang mengungkapkan kasih sayang dengan mengecup bibir pasangannya. Berciuman memang dapat merekatkan hubungan di antara dua sejoli. Tak hanya baik untuk mendekatkan hubungan, berciuman terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebuah riset kecil pada tahun 2009 menyatakan bahwa pria dan wanita menunjukkan penurunan kadar hormon kortisol (hormon untuk relaksasi) yang tinggi pada saat berciuman dibandingkan saat mereka berpegangan tangan. 

Saat berciuman Anda juga mempekerjakan otot-otot wajah yang dapat membantu melawan kerutan wajah.

Di samping itu, ternyata ciuman juga dapat mencegah gigi berlubang! Mekanisme ini dimungkinkan karena dengan berciuman, maka akan merangsang peningkatan produksi air liur yang mampu mengurangi bakteri serta menghilangkan plak penyebab gigi berlubang. Berciuman juga dapat mengembalikan mineral-mineral permukaan gigi yang hilang akibat proses awal gigi berlubang. Hal ini dikarenakan air liur mengandung ion-ion mineral.

Air liur juga memiliki fungsi baik lainnya bagi gigi dan rongga mulut, seperti:

  • Melindungi jaringan lunak dari abrasi selama pengunyahan.
  • Mempermudah pencernaan karbohidrat.
  • Membersihkan rongga mulut dari partikel-partikel makanan.
  • Menjaga kadar kalsium dalam lingkungan rongga mulut tetap terjaga.
  • Menjadi agen penyeimbang keasaman dalam rongga mulut.

Di balik beberapa manfaatnya, terdapat juga risiko berciuman bagi kesehatan tubuh. Anda dapat dengan mudah tertular penyakit-penyakit tertentu karena berciuman, mulai dari penyakit sedang hingga penyakit yang cukup berbahaya.

Jadi, pastikan kebersihan mulut dan gigi Anda serta pasangan ketika ingin melakukan aktivitas ciuman, agar berciuman dapat lebih memberikan manfaat bagi Anda ketimbang risikonya.

0 Komentar

Belum ada komentar