Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakPentingnya Pencabutan Gigi Susu pada Anak
Kesehatan Anak

Pentingnya Pencabutan Gigi Susu pada Anak

drg. Arni Maharani, 16 Feb 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gigi susu pada anak merupakan gigi yang sering luput dari perhatian para orang tua. Kenali pentingnya pencabutan gigi susu pada anak bersama drg. Arni Maharani berikut ini.

Pentingnya Pencabutan Gigi Susu pada Anak

Gigi susu merupakan gigi yang sering tidak mendapatkan perhatian penuh. Hal ini sehubungan dengan pemikiran bahwa nantinya gigi susu akan diganti sehingga banyak sekali anak yang mengalami kerusakan gigi susu dan terkadang kondisinya sudah cukup parah sehingga harus dicabut.

Pencabutan gigi merupakan sebuah hal yang menakutkan bagi sebagian besar orang, tidak hanya oleh anak saja melainkan orang dewasa juga.

Tetapi, terkadang mau tidak mau gigi susu anak harus dicabut walaupun belum waktunya agar gigi susu tersebut bisa digantikan dengan gigi tetap.

Berikut beberapa kondisi gigi susu yang harus dicabut:

  • Kerusakan akibat karies atau lubang gigi yang sudah tidak dapat dilakukan tindakan penambalan lagi, seperti kerusakan pada gigi yang telah mencapai akar gigi.
  • Pada kondisi adanya akut dentoalveolar abscess yang disertai selulitis
  • Gigi susu yang persistensi atau yang seharusnya sudah tanggal tetapi belum juga tanggal, namun gigi tetapnya telah muncul.
  • Gigi susu yang menyebabkan ulkus dekubitus.
  • Gigi susu yang mengalami infeksi pada bagian periapikal dan interradikularnya yang tidak dapat dirawat.
  • Gigi susu yang mengalami impaksi atau gangguan pertumbuhan sehingga menghalangi tumbuhnya gigi tetap.

Namun demikian, apabila menemukan beberapa kondisi seperti di atas, ada tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari agar gigi susu anak tidak perlu sampai dicabut sebelum waktunya, yakni:

  • Menyikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi mengandung fluoride yang jenisnya sesuai dengan usia pemakainya.
  • Menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula.
  • Menghentikan kebiasaan minum susu dalam botol dot sampai tertidur.
  • Melakukan kontrol ke dokter gigi secara rutin.
  • Melakukan perawatan segera ke dokter gigi bila gigi sudah mengalami kerusakan atau terjadi lubang, walaupun belum ada keluhan yang dirasakan.

Bila memang gigi susu anak ternyata harus dicabut atas rekomendasi dokter, maka diharapkan para orang tua mampu mendukung anak mereka agar anak berani ketika giginya akan dicabut. Hal ini untuk menghindari terjadinya gigi susu anak yang tidak jadi dicabut dan dapat membahayakan kesehatan anak tersebut karena anak enggan atau takut ketika giginya akan dicabut oleh dokter gigi.

gigi susu

Konsultasi Dokter Terkait