Sukses

Cara Kreatif Menyajikan Susu Agar Anak Tidak Bosan

Cara kreatif dalam menyajikan makanan merupakan sesuatu yang sudah biasa Anda lakukan. Lalu, bagaimana dengan cara kreatif menyajikan susu agar anak tidak bosan? Berikut info dari dr. Melyarna Putri.

Cara kreatif haruslah dilakukan ketika Si Kecil tidak mau lagi makan dan menutup mulutnya terhadap makanan dan minuman yang disajikan. Hal ini tentu saja akan membuat para ibu sedih, bingung, dan frustasi. Apalagi berat badan Si Kecil tidak meningkat seiring pertambahan umurnya.

Walaupun usianya masih dini, Anak ternyata memiliki kemampuan khusus dalam hal cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Apabila dihadapkan pada beberapa pilihan, makanan hangat dan makanan yang sudah tidak hangat, maka mana yang dipilih? Sebagian besar dari kita tentu akan menjawab makanan hangat.

Makanan hangat lebih enak untuk dimakan dibandingkan makanan yang sudah tidak hangat. Anak pun bisa merasakan hal yang sama. Bahkan menurut peneltian Von Skramli, anak memiliki taste buds di lebih banyak area dibandingkan orang dewasa. Hal ini membuat kemampua Si Kecil dalam merasakan makanan lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa.

Ketika orang dewasa merasa bingung dan bosan terhadap menu makanan yang tidak bervariasi, anak pun dapat merasakan hal yang sama. Sebagai ibu, Anda sebaiknya membekali diri Anda dengan berbagai kemampuan mengolah makanan yang baik agar menu yang Anda sajikan dapat bervariasi dan membuat anak tidak mudah bosan.

Susu merupakan sumber nutrisi yang sering dikonsumsi sehari-hari. Tidak ada salahnya apabila kita mencoba menyajikan susu tidak seperti biasanya untuk menghindari sifat bosan Si Kecil. Susu dapat disajikan dalam berbagai bentuk, diantaranya:

1. Fla untuk puding

Menyajikan puding sebagai camilan nampaknya sudah cukup umum dilakukan. Untuk menambah cita rasa dan tambahan nutrisi, tidak ada salahnya menambahkan fla di atas puding. Fla dibuat dengan susu yang dicampur dengan tepung maizena yang dilarutkan dengan air sehingga membuat konsistensi susu menjadi lebih kental.

2. Saus carbonara

Pasta merupakan salah satu sumber karbohidrat alternatif yang dapat digunakan untuk makanan Si Kecil. Saus carbonara merupakan saus yang enak dan bergizi tinggi. Untuk membuat saus carbonara, Anda dapat menggunakan campuran susu dan keju serta bumbu lainnya.

3. Pie susu

Membuat pie yang diatasnya diberi fla susu tentunya akan membuat si Kecil tidak sabar untuk menyicipinya. Apalagi bila pie susu tersebut ditambahankan dengan variasi buah, seperti strawberry, jeruk, dan kiwi. Campuran rasa manis dan masam akan membuat pie susu buatan Anda kaya akan citarasa.

4. Milkshake

Milkshake atau susu kocok merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda buat. Supaya lebih lezat, buatlah susu kocok dengan es krim yang memiliki rasa yang sama, lalu kemudian dicampur dengan remahan biskuit atau chocolate chips.

5. Soto Betawi

Mungkin banyak dari kita yang belum menyadari bahwa kuah soto betawi yang gurih tidak hanya mengandung santan, namun juga mengandung campuran susu. Untuk anak yang sudah agak besar, menu ini bisa menjadi salah satu pilihan dalam mengolah susu.

0 Komentar

Belum ada komentar