Sukses

5 Cara Bantu Anak Hadapi Perceraian Orangtuanya

Perceraian tentu akan meninggalkan bekas yang mendalam pada anak. Agar anak tidak merasa ditinggalkan dan trauma, orangtua sangat perlu memberikan pemahaman lebih jauh mengenai kondisi ini.

Orangtua yang memiliki anak dan memutuskan untuk bercerai, pada akhirnya dihadapkan pada permasalahan untuk membuat anak mereka tetap tumbuh seperti anak-anak lainnya.

Tentu hal ini tidak mudah, karena anak akan dikelilingi oleh pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang terjadi pada orangtua mereka, dan mereka pun kadang belum mengerti mengenai kondisi yang sebenarnya.  

Kemarahan dan rasa bingung merupakan reaksi yang wajar dari setiap anak. Ia pun akan merasa sedih dengan kenyataan bahwa dua orang yang dekat dengan dirinya memutuskan untuk berpisah. Untuk itu, peran orangtua dalam mencegah ataupun mengatasi dampak psikologis pada anak sangatlah penting. Berikut ini lima cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak menghadapi perceraian orangtuanya:   

  1. Jelaskan dengan terbuka mengenai perpisahan tersebut. Katakan bahwa ini merupakan jalan terbaik bagi Anda dan pasangan. Selain itu, bercerai bukan berarti anak akan kekurangan kasih sayang dan perhatian dari kedua orangtuanya.

  2. Menciptakan suasana yang nyaman bagi anak untuk mengungkapkan perasaan mereka. Hal ini penting untuk meyakinkan anak bahwa perceraian tidak akan membuat dirinya kehilangan sosok orangtua.

  3. Jangan berbicara mengenai keburukan mantan pasangan Anda kepada anak, karena hal ini hanya akan membuat anak kehilangan sosok yang dapat mereka percaya.

  4. Bantu anak untuk menemukan bakatnya atau berikan ia aktivitas-aktivitas yang menyenangkan, misalnya les sepak bola atau belajar musik. Kegiatan di luar rumah sangat baik untuk kondisi psikis anak.

  5. Jangan membesarkan mereka menjadi seorang yang tidak mereka inginkan. Menargetkan mereka untuk mencapai hal-hal yang sebenarnya adalah keinginan Anda bukanlah suatu hal yang bijaksana.

0 Komentar

Belum ada komentar