Sukses

4 Cara Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Sikat gigi yang baik tidak hanya membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi, tetapi juga yang dapat membuat gigi kuat.

Sikat gigi merupakan alat utama dalam menunjang kebersihan dan kesehatan gigi, baik pada anak maupun dewasa. Benda yang kita gunakan sehari-hari ini bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan dasar, sehingga pemilihan sikat gigi yang tepat sangatlah penting.

Memilih sikat gigi untuk anak bisa menjadi hal yang membingungkan bagi para orangtua. Biasanya orangtua bingung mengenai tipe bulu sikatnya, ukurannya, dan apakah harga mempengaruhi kualitas serta fungsinya.

Berikut ini beberapa kiat yang dapat membantu orangtua dalam memilih sikat gigi untuk anak:

  • Pilihlah sikat gigi yang memang khusus anak-anak. Besar kecilnya sikat gigi juga ditentukan sesuai dengan usia anak.
  • Utamakan memilih sikat gigi dengan bulu yang lembut, sehingga akan nyaman dan lembut pada gusi anak.
  • Bila ingin memilih sikat gigi elektrik untuk anak, maka carilah sikat dengan kepala yang ukurannya sesuai sehingga dapat dengan mudah menjangkau semua bagian gigi –termasuk gigi belakang.
  • Berikan anak kesempatan untuk memilih sikat gigi sesuai kesukaannya, baik warna maupun karakter kartun yang ada pada sikat gigi. Hal ini akan membuat anak jadi lebih bersemangat ketika akan menyikat gigi.

Gantilah sikat gigi anak dalam jangka waktu 3 sampai 4 bulan sekali, terutama jika bulu sikat telah mengembang dan anak telah sembuh dari sakit.

Penggunaan sikat gigi yang tepat akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan cara menyikat gigi yang benar. Karena itu, “pe-er” para orang tua tidak hanya sampai memilih sikat gigi saja, melainkan harus mendampingi dan mengajari anak tentang teknik menyikat gigi yang benar

0 Komentar

Belum ada komentar