Sukses

Inilah Cara Memasak Nasi untuk Mencegah Badan Gemuk

Ingin makan nasi tanpa khawatir akan risiko kenaikan berat badan? Tenang, ini cara memasak nasi yang bisa Anda terapkan agar tidak membuat badan gemuk!

Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Tidak heran, kehadiran nasi dalam menu makan sehari-hari adalah sebuah kewajiban yang sepertinya tidak terbantahkan. Kendati demikian, sebagian orang merasa bahwa nasi adalah makanan yang kurang tepat untuk dikonsumsi setiap hari. 

Ini karena jenis makanan berbahan dasar beras itu dianggap dapat menyebabkan kenaikan berat badan, karena mengandung kalori yang lumayan tinggi. Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk orang-orang yang memaksakan diri untuk menghindari nasi lantaran khawatir akan mengalami kenaikan berat badan yang berujung pada obesitas

Jika ya, Anda sebaiknya segera menghentikan kekhawatiran tersebut. Pasalnya, sebuah penelitian yang dibawakan di pertemuan nasional American Chemical Society menyebut cara memasak nasi yang mampu mengurangi kandungan kalori di dalamnya. 

Itu berarti, nasi yang diolah dengan cara tepat dapat mencegah badan gemuk. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu memaksakan diri untuk menghindari makanan pokok masyarakat Indonesia yang satu ini!

Artikel Lainnya: Konsumsi Nasi Shirataki, Amankah Untuk Diet?

1 dari 3 halaman

Membedah Karbohidrat dalam Nasi

Seperti diketahui, nasi merupakan sumber karbohidrat. Jenis karbohidrat yang terkandung dalam nasi terdiri dari yang mudah dicerna dan yang tidak dapat dicerna.

  • Karbohidrat yang Mudah Dicerna

Karbohidrat yang mudah dicerna akan diubah menjadi gula untuk diserap oleh tubuh dan beredar dalam pembuluh darah untuk menjadi sumber energi bagi sel-sel tubuh. 

Saluran pencernaan manusia hanya dapat mencerna jenis karbohidrat yang dapat dicerna.

  • Karbohidrat yang Sulit Dicerna

Karbohidrat yang sulit dicerna tidak akan diserap oleh tubuh. Semakin tinggi kandungan karbohidrat yang sulit dicerna, semakin rendah pula kalori dari makanan tersebut.

Berangkat dari perbedaan tersebut, para peneliti berusaha menemukan cara memasak nasi untuk mencegah badan gemuk. Di mana, komposisi karbohidratnya dapat berubah. Maksudnya, mengubah karbohidrat yang dapat dicerna menjadi karbohidrat yang sulit atau tidak dapat dicerna sehingga kandungan kalori di dalamnya menjadi lebih rendah.

Artikel Lainnya: Makan Nasi Lebih Banyak Bisa Cegah Obesitas?

2 dari 3 halaman

Jadi, Bagaimana Cara Memasak Nasi Agar Tidak Membuat Gemuk?

Berdasarkan para peneliti dari College of Chemical Sciences di Sri Lanka, berikut ini adalah cara memasak nasi agar tidak membuat badan gemuk.

  • Masak nasi dengan satu sendok teh minyak kelapa, menggunakan air yang mendidih.
  • Tambahkan setengah cangkir beras putih polos tanpa bahan tambahan (tidak difortifikasi).
  • Masak sekitar 40 menit.
  • Setelah nasi matang, masukkan ke dalam kulkas selama 12 jam.

Dengan cara memasak seperti ini, komposisi karbohidrat yang tidak dapat dicerna di dalam nasi akan meningkat sebanyak 10 kali. Selain itu, kandungan kalorinya juga akan menurun sebanyak 50-60%. 

Faktanya, pada nasi panas yang telah matang, glukosa (gula) memiliki struktur yang longgar.  Namun, ketika nasi menjadi dingin, ikatan molekul glukosa menjadi semakin ketat dan menjadi sulit untuk dicerna. Hal ini masih tetap berlaku, bahkan jika nasi dipanaskan kembali.

Tak cuma soal itu, tambahan minyak kelapa saat memasak nasi juga memberikan efek yang positif. Molekul lemak akan masuk ke dalam nasi dan membuatnya menjadi lebih sulit untuk dicerna.

Artikel Lainnya: Efek Makan Nasi dengan Kentang Seburuk Makan Nasi Pakai Mi?

Ada juga manfaat tambahan lain dari cara memasak nasi yang telah dijelaskan, yaitu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Manfaat ini bisa ada, karena nasi dengan karbohidrat yang sulit atau tidak dapat dicerna dapat menjadi sumber energi bagi bakteri baik di dalam usus. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menerapkan cara memasak nasi rendah kalori seperti yang telah dijelaskan di atas? 

Jika ya, tetap ingat untuk membatasi porsi agar tidak berlebihan. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar nasi untuk diet atau cara tepat mencegah badan gemuk, tak perlu sungkan untuk chatting secara langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

1 Komentar