Sukses

Bawang Putih dan Seledri Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain obat-obatan, terdapat beberapa bahan alami yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Mereka adalah bawang putih dan seledri.

Bagi Anda penderita hipertensi, bawang putih dan seledri bisa menjadi pilihan penyembuhan selain obat-obatan yang Anda minum.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika tekanan darah seseorang lebih tinggi daripada nilai standar normal. Pada usia di bawah 60 tahun, tekanan darah seseorang diharapkan berada di bawah 140/90 mmHg. Nilai di atas dan sama dengan 140/90 mmHg menandakan adanya hipertensi dan perlu ditangani dengan segera untuk menghindari komplikasi mematikan pada kemudian hari.

Penyakit ini berbahaya karena dapat menyebabkan jantung bekerja terlalu keras serta pembuluh darah tersumbat. Kedua hal tersebut dapat memicu peningkatan penyakit jantung dan stroke.

Hipertensi juga dapat menyebabkan penyakit ginjal, gagal jantung, dan kebutaan. Masalah kesehatan ini harus dikontrol dengan obat agar tidak menyebabkan komplikasi lainnya yang membahayakan. Selain itu, terdapat beberapa bahan alami yang dapat membantu menurunkan tekanan darah di samping konsumsi obat penurun tekanan darah (obat antihipertensi). Dua bahan alami yang utama adalah bawang putih dan seledri.

  • Bawang Putih

Bawang putih telah lama digunakan karena dipercaya dapat membantu mengatasi kondisi hipertensi. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sistolik (angka di bagian atas) dengan menyokong dilatasi (pelebaran) pembuluh darah. Belum ada dosis tertentu yang disepakati, namun konsumsi bawang putih sedang terus ditelaah oleh para peneliti – terutama terkait manfaatnya dalam mencegah penyakit jantung karena hipertensi.

  • Seledri

Seledri tengah terus diteliti karena diduga dapat membantu penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik (angka di bagian atas dan bagian bawah). Dalam suatu penelitian, konsumsi jus seledri dengan campuran madu, sebanyak satu cangkir, tiga kali sehari, selama satu minggu ternyata bisa menurunkan tekanan darah. Jus seledri segar  juga dapat dicampur dengan cuka untuk meredakan sakit kepala dan nyeri pundak akibat hipertensi.

Meskipun bahan-bahan alami ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, namun jangan lupakan pengobatan dari dokter untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Kombinasi kerja obat dan bahan alami dapat membantu penyakit ini lebih terkontrol dan mencegah munculnya komplikasi lebih lanjut.

    0 Komentar

    Belum ada komentar