Sukses

Kolesterol: Mitos dan Faktanya

Kolesterol memang menjadi topik pembicaraan yang hangat di masyarakat pada umumnya. Akibatnya, banyak mitos dan fakta mengenai kolesterol yang beredar luas. Kenali tentang mitos dan fakta kolesterol lebih dalam di sini.

Kolesterol merupakan suatu komponen penting bagi tubuh agar tubuh dapat berfungsi dengan normal. Namun, kadar kolesterol yang tinggi juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kolesterol di bagi menjadi 2 jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL).

Berikut penjelasannya:

Kolesterol Jahat (Low Density Lipoprotein)

Sebenarnya, mengapa LDL (Low Density Lipoprotein) ini disebut sebagai kolesterol jahat? Jawabannya adalah karena LDL (Low Density Lipoprotein) dapat menyumbat pembuluh darah. Jika kadar LDL (Low Density Lipoprotein) di dalam darah Anda terlalu banyak, maka LDL tersebut dapat mengendap di dinding arteri Anda dan membentuk plak. Penumpukan yang terjadi ini akan mempersempit dan mengencangkan arteri sehingga Anda dapat terserang penyakit jantung ataupun stroke.

Kolesterol Baik (High Density Lipoprotein)

Selain kolesterol jahat, ada pula kolesterol yang sifatnya baik bagi tubuh Anda. Kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) ini berfungsi untuk “menyapu” kolesterol jahat yang berada di dalam pembuluh darah. Kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) ini melakukan pekerjaan “bersih-bersih” di arteri dengan membawa kolesterol jahat berlebih ke hati untuk kemudian dibuang sehingga kolesterol jahat tersebut tidak menyumbat arteri Anda.

Setelah mengetahui sedikit tentang kolesterol dari penjelasan di atas, ada baiknya Anda juga mengetahui mitos dan fakta mengenai kolesterol berikut ini:

  • Kolesterol tinggi bisa melukai kehidupan seks Anda

Jawabannya: Fakta

Kolesterol tinggi dapat memperlambat aliran darah panggul sehingga sulit untuk mendapatkan rasa rangsangan secara seksual, baik pada pria maupun pada wanita. Hal ini disebabkan karena kolesterol yang tinggi mempersempit pembuluh darah dari jantung ke panggul.

Pada pria, masalah sulit ereksi bisa menjadi suatu tanda peringatan awal akan penyakit jantung.

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya hal ini, baik pada pria maupun wanita, terapkanlah pola hidup sehat. Dengan melakukan pola hidup sehat, Anda dapat mengendalikan kadar kolesterol Anda, dan libido Anda juga akan ikut meningkat. Kebiasaan hidup sehat yang dapat Anda lakukan, seperti melakukan olahraga yang teratur, mengonsumsi makanan yang sehat dan dikonsumsi secara teratur, dan mempertahankan berat badan ideal Anda.

  • Tubuh kurus berarti bebas kolesterol tinggi

Jawabannya: Mitos

Jika Anda memiliki tubuh yang terbilang kurus, bukan berarti Anda terbebas dari masalah kolesterol tinggi. Pasalnya, apa yang Anda konsumsi bisa saja membuat Anda dalam kesulitan. Itulah mengapa penting untuk memeriksa kadar kolesterol Anda secara teratur mulai usia 20-an, bagaimanapun bentuk tubuh Anda.

Selain karena faktor makanan, faktor riwayat penyakit jantung yang mungkin ada di keluarga Anda juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kadar kolesterol yang tinggi di tubuh kurus Anda.

  • Pria lebih berisiko memiliki kolesterol tinggi daripada wanita

Jawabannya: Fakta

Pria lebih berisiko memiliki kadar kolesterol yang tinggi daripada wanita adalah fakta. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon. Pada wanita, terdapat hormon estrogen yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuhnya. Sedangkan pada pria, tidak ada.

Namun demikian, dengan adanya hormon estrogen pada wanita bukan berarti mereka terbebas dari risiko memiliki kolesterol tinggi.

  • Makan steak selalu berhubungan erat dengan kolesterol tinggi

Jawabannya: Mitos

Steak tidak selalu berdampak pada kadar kolesterol Anda yang tinggi. Apabila Anda dapat mengolah daging steak tersebut dengan baik dan benar, kadar lemak jenuh dan kadar kolesterol jahatnya juga akan berkurang. Namun perlu Anda ingat, konsumsi daging yang berlebih juga tidak baik bagi tubuh Anda.

Sebaliknya, makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi dan dapat mempengaruhi kadar kolesterol Anda adalah es krim. Pasalnya, dalam satu sendok kecil es krim mengandung 11 gram lemak jenuh. Kandungan lemak jenuh pada satu sendok kecil es krim ini lebih banyak daripada kandungan lemak jenuh pada telur ataupun daging steak.

Semakin banyak lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh Anda, kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) pada tubuh Anda juga akan meningkat.

Sebagai kesimpulan, untuk menghindari kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh Anda, Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat secara teratur, serta mempertahankan berat badan ideal Anda.

Namun, bila ditemukan kadar kolesterol tinggi pada tubuh Anda, Anda harus mencari tahu apakah Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit jantung atau tidak. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dokter ketika akan melakukan tindak lanjut sehingga masalah Anda dapat teratasi dengan baik dan benar.

0 Komentar

Belum ada komentar