Sukses

Ingin Makan Banyak, Tapi Tidak Cepat Gemuk? Coba Cara Ini

Rasanya iri sekali melihat orang yang makannya banyak tapi tubuhnya tetap langsing. Ini bisa berarti metabolisme orang tersebut cepat, sehingga ia tidak gemuk-gemuk meski porsi makannya “segunung”. Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme?

Segala jenis diet telah Anda lakukan dan hasilnya nihil? Ini mungkin terjadi karena Anda memiliki sistem metabolisme yang tidak teratur atau metabolisme yang mulai melambat.

Meningkatkan metabolisme merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyukseskan program diet. Apabila metabolisme Anda melambat maka Anda akan semakin sulit untuk menurunkan berat badan.

Tingkat metabolisme dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti keturunan, jenis kelamin, usia, berat badan, kadar hormon, serta aktivitas tubuh.

Pria pada umumnya dapat membakar kalori lebih cepat dibandingkan wanita. Kemudian saat Anda menginjak usia 40 tahun, biasanya metabolisme Anda dapat berkurang.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda:

  • Minum air air putih

Tubuh Anda membutuhkan air putih untuk membakar kalori. Ketika Anda mengalami dehidrasi maka metabolisme akan menjadi berkurang. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau lebih dalam sehari dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan orang yang mengonsumsi 4 gelas. Saat Anda butuh camilan, pilihlah sayur dan buah terutama sayuran dan buah yang mengandung banyak air.

  • Mengonsumsi protein

Metabolisme tubuh akan meningkat saat Anda mengonsumsi protein bila dibandingkan dengan karbohidrat. Untuk menjaga metabolisme tubuh, cobalah mengganti karbohidrat dengan protein tanpa lemak. Sumber protein yang baik di antaranya ikan, ayam, kacang-kacangan, telur, dan produk susu rendah lemak.

  • Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda. Karena itu, gerakkan tubuh Anda dengan berlari atau jalan cepat, minimal 30 menit setiap harinya.  

  • Pola makan pintar

Mengonsumsi makanan dengan durasi lebih sering dapat membantu mengurangi berat badan. Saat Anda makan dengan porsi yang besar dengan jarak yang lama, maka metabolisme tubuh Anda dapat menurun. Jadi, cobalah untuk makan dalam jumlah yang sedikit setiap 3-4 jam untuk menjaga metabolisme tubuh Anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar