Sukses

Gigi Palsu yang Tidak Bisa Dilepas dan Nyaman Digunakan

Gigi palsu merupakan sebuah solusi terbaik bagi Anda yang mengalami masalah gigi ompong. Namun, jenis gigi palsu apa yang nyaman untuk digunakan? Berikut info medis dari drg. Arni Maharani.

Ompong menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu pada sebagian orang, apalagi bila bagian yang ompong tersebut adalah gigi depan. Pasalnya, gigi depan yang ompong akan sangat mempengaruhi penampilan seseorang.

Gigi tiruan atau gigi palsu merupakan suatu solusi yang tepat bagi Anda yang mengalami masalah gigi ompong. Gigi tiruan atau gigi palsu ini harus segera dipasang setelah gigi hilang (ompong) dan luka pencabutan telah sembuh.

Bridge adalah jenis gigi palsu/tiruan yang bisa menggantikan hilangnya satu atau lebih gigi. Bridge merupakan jenis gigi tiruan yang tidak dapat dilepas/pasang sendiri (cekat), sehingga lebih nyaman digunakan dan tampak alami.

Jenis gigi palsu lain yang mempunyai kelebihan yang sama dengan bridge, yaitu cekat dan tampak sangat alami, adalah implant. Namun, terdapat pula kelemahan dari gigi palsu jenis ini, seperti biaya pemasangannya yang cukup mahal, serta diperlukan pembedahan untuk “menanamnya” dalam tulang rahang.

Namun demikian, gigi palsu jenis bridge juga mempunyai kekurangan. Kekurangan pada gigi palsu jenis bridge adalah diperlukannya pengasahan dua atau lebih gigi yang berada di sebelah gigi yang hilang guna membentuk gigi tersebut menjadi lebih kecil untuk dijadikan pegangan/penyanggga agar gigi tiruan dapat stabil. Selain itu, bridge juga tidak dapat diterapkan pada semua kasus kehilangan gigi, seperti hilangnya gigi yang cukup banyak, dan juga di mana kondisi gigi yang hilang terjadi di antara gigi-gigi yang goyang.

Ketahanan bridge dalam rongga mulut seseorang bisa cukup lama, namun harus didukung dengan pembersihan yang tepat, baik dilakukan sendiri di rumah maupun dengan bantuan dokter gigi. Selain selalu menyikat gigi dengan benar, pembersihan pada bagian bridge yang berdekatan dengan gigi asli perlu dilakukan dengan bantuan alat seperti dental floss.

Pembersihan yang baik dan benar pada bridge ini dapat mencegah terbentuknya karies atau lubang pada gigi penyangganya sehingga dapat memperpanjang masa penggunaan bridge di dalam rongga mulut.

0 Komentar

Belum ada komentar