Sukses

Vaksin untuk Orang Dewasa: Penting!

Vaksin untuk orang dewasa diyakini merupakan sesuatu hal yang penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? Berikut ulasan medisnya oleh dr. Dina Kusumawardhani.

Jika mendengar kata vaksinasi atau imunisasi, biasanya kita teringat bahwa hal itu dilakukan hanya untuk anak-anak. Tetapi, tahukah Anda bahwa vaksinasi atau imunisasi juga perlu untuk dilakukan pada orang dewasa? Apakah imunisasi memang bermanfaat?

Vaksinasi atau imunisasi adalah tindakan memberikan kekebalan kepada seseorang terhadap penyakit yang spesifik.

Vaksinasi yang dilakukan pada waktu anak-anak adalah salah satu program untuk mencegah penyakit dan komplikasi yang dapat timbul dari penyakit tertentu.

Sedangkan pada orang dewasa, vaksinasi atau imunisasi, selain memiliki manfaat sebagai booster atau pengingat ulang antibodi di waktu dewasa, juga dapat menghindari penyakit yang banyak terjadi setelah dewasa. Karenanya, vaksinasi pada orang dewasa/lanjut usia merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat..

Dengan imunisasi kita dapat menghambat penyebaran penyakit tertentu di masyarakat dengan cara melindungi individu-individu sehingga membentuk kekebalan komunitas dan mencegah penyebaran penyakit terkait.

Berikut adalah beberapa vaksinasi dan imunisasi yang dapat dilakukan secara rutin oleh orang dewasa:

  1. Vaksin Hepatitis

Vaksin hepatitis dalah vaksin yang diberikan untuk menghindari penyakit hepatitis. Biasanya terdapat vaksin hepatitis A dan hepatitis B, termasuk jenis vaksin gabungan hepatitis A dan B. Pemberian vaksin ini bisa dilakukan sebanyak 2 kali dan 3 kali.

  1. Vaksin Thypoid

Vaksin thypoid adalah vaksin yang diberikan untuk menghindari infeksi demam tifoid atau yang dikenal dimasyarakat sebagai tipes. Vaksin ini dapat diberikan 1 kali dalam 3 tahun.

  1. Vaksin Rabies

Vaksin rabies adalah vaksin yang diberikan untuk menghindari infeksi rabies (anjing gila). Pemberian vaksin adalah sebanyak 3 kali.

  1. Vaksin Meningitis

Vaksin meningitis adalah vaksin yang biasanya diberikan pada jemaah haji dan umroh. Pemberiannya adalah 1 kali untuk mencegah terjadinya infeksi meningitis (radang meningen).

  1. Vaksin Japanese Ensefalitis

Vaksin Japanese Ensefalitis adalah vaksin untuk mencegah terjadinya infeksi ensefalitis. Vaksin ini biasanya diberikan pada orang dewasa yang rentan terhadap infeksi ini.

  1. Vaksin Pneumokokus

Vaksin pneumokokus adalah vaksin untuk mencegah infeksi pneumokokus. Vaksin jenis ini biasanya diberikan pada orang lanjut usia.

Selain 6 jenis vaksin diatas, sebenarnya masih terdapat banyak vaksin lain yang dapat diberikan kepada orang dewasa berdasarkan indikasi dan kegunaannya masing-masing.

Oleh karena itu, ada baiknya kita dapat mengonsultasikan pada dokter terkait vaksin yang dapat diberikan pada orang dewasa.

0 Komentar

Belum ada komentar